Yakinkan Manor, Manajer Rio Haryanto Terbang ke Inggris  
Reporter: Tempo.co
Editor: Martha Warta Silaban
Rabu, 27 Januari 2016 04:54 WIB
Pebalap Indonesia Pertamina GP2 Rio Haryato (kiri) berdiskusi dengan Manajer Teknis Piers Hunnisett (kanan) saat sesi 'feature race' GP2 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Sabtu (12/5). ANTARA/Yudhi Mahatma

TEMPO.COJakarta - Manajer Rio, Piers Hunnisett, terbang ke markas tim Manor di Inggris pada Minggu, 24 Januari 2016 lalu, untuk melakukan negosiasi soal pembayaran. 

"Piers ke Inggris untuk menjelaskan bahwa kami telah mendapat dukungan dari pemerintah, jadi tidak sekadar janji-janji terus. Kami berusaha meyakinkan mereka secepatnya akan melakukan pembayaran," ujar Indah Pennywati, ibu Rio. 

Bantuan pemerintah senilai Rp 100 miliar yang diberikan Jumat, 22 Januari 2016 lalu itu, menurut Indah, sangat membantu. Namun proses pencairannya tidak bisa dilakukan secepatnya. "Kemenpora sudah menjelaskan bahwa untuk mengeluarkan dana itu membutuhkan proses dan akan diusahakan secepatnya. Itu sudah dijelaskan," katanya.

Indah berharap Manor kembali bisa mengerti situasi yang sedang dihadapi Rio dan manajemennya. "Kami usahakan yang uang muka dulu, berikutnya baru pembayaran selanjutnya. Mudah-mudahan semua lancar." 

Topik Terkait: Rio Haryanto

Untuk bisa bergabung dengan salah satu tim F1 ini, Rio harus membayar 15 juta euro atau sekitar Rp 225,69 miliar. Pembayaran ini bisa dilakukan beberapa tahap. Namun, yang jelas, pihak Rio diwajibkan membayar uang muka 3 juta euro atau sekitar Rp 45,13 miliar. 

Pertamina sudah bersedia menyumbang 5,2 juta euro. Sedangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga, melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), memberikan Rp 100 miliar atau sekitar 6,6 juta euro. 

Sambil menanti kepastian dari tim Manor F1, Rio tetap berlatih fisik demi menjaga kebugarannya di Singapura. Menurut Indah Pennywati, ibu sekaligus manajer Rio, ia tidak berhenti berlatih rutin setiap hari. 

Tahun 2015 lalu, Rio merebut peringkat keempat dalam seri kejuaraan dunia GP2 bersama tim Campos Racing dengan memenangi tiga balapan. 

RINA WIDIASTUTI

#Balap Motor
#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi