Uji Balap Pra Musim, Danilo Petrucci Catat Waktu Tercepat
Reporter: Tempo.co
Editor: Yocta Nurrahman
Rabu, 3 Februari 2016 23:00 WIB
Pembalap Dani Pedrosa, memimpin di depan pembalap lainnya dalam permulaan MotoGP Malaysia yang berkabut di Sirkuit Sepang, Malaysia, 25 Oktober 2015. Pedrosa berhasil mempertahankan keunggulan setelah meraih pole position dalam sesi kualifikasi kemarin. AP/Lai Seng Sin

TEMPO.CO, Jakarta - Pebalap asal Italia Danilo Petrucci memuncaki daftar catatan waktu pada Selasa, pada hari kedua sesi uji pramusim di sirkuit Sepang Malaysia, yang menampilkan ledakan ban pada kecepatan tinggi dramatis yang melibatkan pebalap Prancis Loris Baz.

Pada trek yang mencatatkan suhu hampir mencapai 50 derajat celcius, Petrucci yang menunggangi Ducati merupakan salah satu dari sedikit pebalap yang memperbaiki catatan waktunya dengan beradaptasi dengan baik terhadap cuaca dan ban-ban baru dari Michelin.

Pebalap 25 tahun asal Italia itu mencatatkan waktu dua menit 00,095 detik, lebih cepat 0,060 detik dari pebalap Spanyol Jorge Lorenzo yang mendominasi latihan Senin dengan Yamahanya.

Lorenzo, juara dunia MotoGP 2015 yang mengejar gelar keempatnya, terjatuh di Tikungan 5 sedangkan pebalap Honda Dani Pedrosa terjatuh di tempat yang sama pada 30 menit terakhir sesi uji.

Kedua pebalap itu tidak terluka.

Baz, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-23 pada Senin, terlebih dahulu lolos dari cedera serius ketika ban belakangnya meledak dan membuat ia terlempar dari sepeda motor Ducatinya pada kecelakaan kecepatan tinggi yang spektakuler.

Saat itu pebalap Prancis itu melaju sekitar 290 kilometer per jam pada jalur lurus Sirkuit Sepang. Ia memuji alat-alat pengamannya untuk membuatnya tidak terluka serius.

Hector Barbera asal Spanyol yang mengendarai Ducati finis di peringkat ketiga, tertinggal 0,292 detik dari Petruci. Juara dunia dua kali asal Honda Marc Marquez menjadi pebalap tercepat peringkat keempat, tertinggal 0,748 detik.

Pebalap Britania Cal Crutchlow yang menunggani Honda berada di peringkat kelima, dengan catatan waktu dua menit 0,899 detik. Valentino Rossi, pebalap karismatis berusia 36 tahun asal Italia, menyelesaikan sesi itu di posisi keenam, tertinggal 0,926 detik dari Petruci.

Juara dunia dua kali yang telah pensiun Casey Stoner, kembali ke trek untuk menguji Ducati, berada di peringkat kesembilan, tertinggal 1,008 detik dari Petruci.

Ini merupakan pertama kalinya sejak 2012 di mana pria asal Australia itu mengendarai sepeda motor bersama para pebalap MotoGP.

Pada Senin, Lorenzo mencatatkan waktu dua menit 0,684 detik, unggul satu detik atas Rossi.

Sesi uji yang berlangsung tiga hari di Sepang akan berakhir pada Rabu. Kejuaraan dunia MotoGP akan dimulai di Sirkuit Losail di Qatar pada 17 Maret. Demikian laporan AFP.

ANTARA

#MotoGP
#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi