Cari Dukungan di F1, Rio Haryanto Temui Sandiaga Uno  
Reporter: Tempo.co
Editor: Gadi kurniawan makitan tnr
Selasa, 16 Februari 2016 20:22 WIB
Pembalap Indonesia yang turun di ajang GP2 Series, Rio Haryanto berkunjung ke kantor Tempo di Jakarta, 12 Februari 2016. Pembalap yang lahir di Surakarta, memulai karirnya untuk pertama kali setelah yang menjuarai kompetisi balap GP3 Series dan GP2 Series. TEMPO/Fardi Bestari

TEMPO.COJakarta - Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, menemui pengusaha Sandiaga Uno sebagai salah satu usahanya menggalang dukungan agar bisa berlaga dalam ajang balap jet darat Formula 1. 

Rio bertemu Sandiaga di gedung Recapital, Jakarta, Selasa sore, 16 Februari 2016. Dia menawarkan proposal pensponsoran. Sandiaga berjanji akan segera mempelajarinya. “Trenyuh juga, bahwa waktunya mepet,” kata pengusaha yang pernah masuk daftar orang-orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes itu. 

Rio harus membayar 15 juta euro atau Rp 223 miliar kepada Manor—calon tim Rio di Formula 1. Itu adalah biaya operasional balap selama semusim. Tim Rio telah membayar uang muka sebesar 3 juta euro. Pertamina, salah satu badan usaha milik negara yang menjadi sponsor Rio sejak tahun lalu, juga telah berkomitmen memberikan bantuan dana sebesar 5 juta euro, atau Rp 74 miliar. 

Manor akan memulai latihan pertama di Barcelona, 22 Februari 2016. Menurut Indah Pennywati, ibu Rio, tim asal Inggris tersebut akan mengumumkan pembalap keduanya sebelum latihan itu. Rabu lalu, Manor mengumumkan bahwa kursi pertama telah diisi Pascal Wehrleim, pembalap asal Jerman. 

Sandiaga mengatakan dia punya saham di beberapa perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif. “Saya akan mencoba menggalang dukungan dari situ,” ujarnya. 

Sandiaga belum bisa menjawab kapan akan memberi keputusan soal dukungan dana kepada Rio. “Kami akan merespons secepatnya setelah mempelajari proposal dari Rio,” tuturnya. “Waktunya memang sempit, tapi saya menghargai niat luhur Rio dan ibunya.” Baca: Skenario Terburuk Rio di F1

GADI MAKITAN

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi