Tim Rio Haryanto Ogah Berbagi Kursi di Tim Manor Formula 1  
Reporter: Tempo.co
Editor: Gadi kurniawan makitan tnr
Rabu, 17 Februari 2016 12:19 WIB
Rio Haryanto berkunjung ke kantor Tempo di Jakarta, 12 Februari 2016. Untuk dapat berkompetisi di ajang F1, Rio diwajibkan membayar uang sebesar 15 juta euro atau sekira Rp225 miliar kepada Manor Grand Prix Racing Ltd selaku tim balap tempat Rio bernaung. TEMPO/Fardi Bestari

TEMPO.COJakarta - Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, mengatakan akan menolak jika Manor Racing, calon tim Rio di Formula 1, menawarkan pilihan berbagi kursi dengan pembalap lain. 

Beberapa hari terakhir ini, rumor beredar bahwa Manor akan membagi satu kursi yang tersisa kepada tiga pembalap—Rio, Will Steven, dan Alexander Rossi. Setiap pembalap akan mendapatkan jatah tujuh balapan selama semusim. 

“Saya tidak tahu dari mana informasi itu berasal,” kata Hunnisett di Jakarta, Selasa, 16 Februari 2016. “Saya hanya membaca dari apa yang Anda (wartawan) tulis.” 

Kalaupun Manor akan menawarkan pilihan itu, Hunniset melanjutkan, dia akan bilang tidak dan menyerahkan kursi itu kepada pembalap lain. 

“Jika kita ingin ke Formula 1, untuk Indonesia, kita harus bermain sepenuhnya,” ujarnya. “Tidak ada untungnya balapan setengah-setengah. Banyak yang harus dipelajari Rio. Dalam beberapa balapan pertama, dia masih beradaptasi. Jadi, kalau hanya mengikuti sebagian balapan, Rio tidak akan pernah menunjukkan potensinya secara maksimal. It’s all or nothing.”   Rio Haryanto masih terus berjuang mendapatkan satu kursi di Manor yang tersisa, setelah pada Rabu lalu tim asal Inggris itu mengumumkan telah menetapkan pembalap pertamanya, yaitu Pascal Wehrleim dari Jerman. Untuk bisa balapan penuh semusim, Rio diharuskan menanggung biaya operasional sebesar 15 juta euro atau Rp 223 miliar.  

Tim Rio telah membayar uang muka kepada Manor sebesar 3 juta euro atau Rp 45 miliar. Pertamina, badan usaha milik negara yang mensponsori Rio sejak tahun lalu, juga berkomitmen memberikan bantuan dana sebesar 5 juta euro. 

GADI MAKITAN

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi