Buruh Pabrik Toyota Motor Menuntut Kenaikan Gaji
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Kamis, 18 Februari 2016 23:03 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan mobil di pabrik Karawang 1 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Jawa Barat, 26 Januari 2016. Pabrik ini memproduksi Kijang Innova serta Fortuner dengan kapasitas mencapai 130.000 unit pertahun atau setara 1,8 menit untuk memporduksi satu mobil. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

TEMPO.CO, Jakarta - Buruh pabrik otomotif yang dikendalikan oleh Toyota Motor Corporation, menuntut kenaikan upah. Tuntutan ini merupakan yang ketiga kalinya berturut-turut dalam setahun terakhir sejak aksi tuntutan mereka di tahun 2015.

Sebanyak sebelas serikat buruh yang mewakili para buruh di sejumlah manufaktur otomotif di Jepang menuntut kenaikan upah 3 ribu yen atau setara US per bulannya untuk tahun fiskal yang dimulai pada April mendatang.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Confederation of Japan Automobile Workers.

Sebelumnya, konfederasi telah mengajukan tuntutan 6 ribu yen tahun lalu dan mencapai kesepakatan dengan para perusahaan otomotif untuk 3 ribu yen secara rata-rata.

Kalangan perusahaan otomotif telah mengetatkan jumlah upah bahkan ketika mereka mencatat rekor keuntungan.

Para buruh Jepang menuntut kenaikan 0,1% di tahun 2015 dengan pendapatan yang justru merosot 0,9% akibat inflasi.

Pendapatan para buruh telah merosot selama 4 tahun terakhir sehingga berdampak pada penurunan tingkat konsumsi dan menahan sejumlah kebijakan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk memacu inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Perekonomian Jepang tengah melemah pada kuartal terakhir tahun lalu, yang merupakan penurunan kelima secara kuartal selama di bawah pemerintahan Abe.

Tidak hanya itu, PDB turut anjlok 1,4% secara tahunan.

Tiga produsen otomotif raksasa asal Jepang, Toyota, Nissan, dan Honda, telah mencapai kesepakatan tahun lalu untuk menaikkan gaji pokok yakni kurang dari 6 ribu yen seperti yang dituntut kalangan serikat buruh.

Nissan menaikkan upah bulanan menjadi 5 ribu yen, disusul Toyota sebesar 4 ribu yen dan Honda sebesar 3.400 yen.

BISNIS

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi