Rio Haryanto Rampungkan Tes Pramusim, Begini Evaluasi Manor  
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Jumat, 26 Februari 2016 15:47 WIB
Rio Haryanto, pebalap asal Indonesia saat bersiap menjalani tes pramusim Formula 1 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, 24 Februari 2016. Pebalap kebanggaan Indonesia ini harus mengakhiri sesi pagi uji coba pramusim hari ketiga Formula 1 lebih awal. Twitter.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap tim Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, sudah melakukan tes pramusim bersama timnya di Barcelona, Spanyol, pada Rabu dan Kamis lalu. Ia melakukan 129 putaran dan mencatatkan waktu terbaik 1 menit 28,266 detik.

Dengan catatan waktu itu ia berada paling belakang dalam daftar 23 pembalap yang menjalani tes. Rekan setimnya, Pascal Wehrlein, berada di urutan ke-16 dengan catatan waktu 1 menit 25,925 detik setelah menjalani 123 putaran. Pembalap tercepat dalam tes pramusim kali ini adalah Sebastian Vettel (Ferrari) dengan waktu 1 menit 22,810 detik.

Dalam dua tes itu Rio justru terus mengalami kecelakaan. Pada Rabu, mobilnya sempat melintir ke luar lintasan. Sedangkan pada Kamis, ia menabrak dinding dan tak bisa melanjutkan uji cobanya.

Terkait dengan tampilan Rio dan Pascal dalam tes pramusim itu, Luca Furbatto, Chief Designer Manor Racing, memberi evaluasinya, seperti termuat dalam rilis yang diterima Tempo. Berikut pernyataan dia selengkapnya:

“Secara keseluruhan, sebuah tes positif dengan mobil baru. Tujuan utama tes adalah mengecek instalasi power unit Mercedes dan transmisi Williams sebelum maju ke pekerjaan setelan dasar. Kami belum pernah memiliki masalah besar dari awal dan tingkat daya tahan telah membuat kami mencapai hampir 300 kilometer jarak tempuh setiap hari–seperti jarak tempuh lomba.

Kami juga memberikan pembalap-pembalap baru kami latihan yang baik dalam hal membiasakan diri mereka dengan mobil, meski mereka menjalankan program-program berbeda. Tugas Pascal mungkin lebih berat karena mobil benar-benar baru dan kami harus mencari setelan yang baik untuk menentukan arah pengembangan. Rio berfokus pada daya tahan dan pemeriksaan dengan bobot bensin berbeda-beda. Umpan baliknya sangat penting karena, dari kedua pembalap, dialah yang telah mengemudikan MR03 dan MRT05.

Pengamatan berturut-turut ini menunjukkan bahwa kami telah membuat perbaikan bagus di semua area mobil. Pada tahap ini, kami tidak menempatkan terlalu banyak penekanan pada waktu putaran relatif; beberapa tim mengeksplorasi spektrum ban soft di sini tapi program pekan depan adalah di mana kami akan mulai lebih mencari kecepatan langsung dari paket.

Pada umumnya, kami telah membuat awal yang baik tapi masih banyak hal harus dilakukan untuk Melbourne dan menuju bagian awal musim. Kami merasa positif dengan tes pertama tapi telah mulai berfokus pada yang kedua.”

NURDIN

#F1
#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi