9 Fakta Menarik Bugatti Chiron, Mobil Tercepat di Dunia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Selasa, 1 Maret 2016 18:24 WIB
Wolfgang Duerheimer, CEO Bugatti saat memperkenalkan mobil baru Bugatti Chiron dalama acara International Motor Show ke-86 di Geneva, Swiss, 29 Februari 2016. REUTERS/Denis Balibouse

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen hypercar asal Prancis, Bugatti, baru-baru ini menghebohkan dunia otomotif dengan peluncuran mobil anyar yang bernama Chiron. Diperkenalkan di Geneva Motor Show, Swiss, pada 29 Februari kemarin, Chiron menjadi mobil tercepat di dunia, menggantikan kakaknya, Bugatti Veyron.

Berikut 10 fakta soal Bugatti Chiron yang perlu diketahui:

1. Dilafalkan "shir-on"Salah jika anda mengucapkan nama mobil ini "kai-ron" atau "chai-ron." Pihak Bugatti mengatakan, cara melafalkan nama mobil ini adalah "shir-on" dengan aksen Prancis. Nama Chiron diambil dari nama pembalap legendaris Bugatti, Louis Chiron.

2. Elemen hiasannya punya fungsi khususTampilan Chiron yang paling unik adalah lekukan berbentuk C yang terdapat pada bagian samping bodi, memanjang hingga ke atap. Desain ini diambil dari mobil Bugatti Type 57SC buatan tahun 1930. Bukan sekedar pemanis, pilar C ini berfungsi menyalurkan udara bersih kepada mesin.

3. Logonya terbuat dari perak mahalLogo Bugatti yang terpasang di grille (lubang radiator) pada moncong Chiron ini terbuat dari perak yang dibuat manual menggunakan tangan. Jika ada yang mencongkel emblem logo ini, maka pemiliknya bisa membeli pengganti seharga AS $ 550, atau sekitar Rp 7,5 juta.

4. Pembelinya terbatasDengan banderol Bugatti Chiron yang mencapai AS $ 2,7 juta, atau sekitar Rp 36 miliar, tentu saja tidak sembarang orang bisa membeli mobil ini. Pihak Bugatti, dalam rilisnya menyebutkan, setidaknya pembeli Chiron adalah orang-orang yang mampu memiliki 42 unit mobil, sebuah jet pribadi, kapal pesiar sendiri, tiga helikopter, dan empat rumah mewah.

5. Kecepatannya Mencapai 442,5 Km/jamKecepatan maksimal yang bisa dicapai Bugatti Chiron mencapai 442,5 km/jam. Lebih cepat 7 km/jam dibandingkan saudara tuanya, Bugatti Veyron Super Sport, dan 5 km/jam lebih tinggi dari mobil hyper Henessy Venom GT.

6. Kecepatan akan DibatasiWalau top speednya bisa hampir menyentuh 450 km/jam, tapi Bugatti akan membatasi kecepatan Chiron maksimal 420 km/jam. Toh, walau begitu pemilik bisa meminta teknisi khusus yang disediakan Bugatti untuk membuka program pengunci kecepatan itu.

7. Memakai empat turboMesin yang dipakai Chiron memang tidak biasa. Kapasitasnya 8.0 liter berkonfigurasi W-16 silinder, dan dilengkpai empat unit turbo. Total, mobil ini punya kekuatan mencapai 1,500 tenaga kuda. Memakai sistem penggerak seluruh roda dan transmisi manual 7 percepatan.

8. Bisa dipakai driftingProduk Bugatti sebelumnya, Veyron, dikenal punya karakter pengendalian (handling) yang buruk. Bugatti memperbaiki masalah itu dengan penggunaan sistem power steering elektrik, sistem suspensi canggih, dan didukung penggunaan ban Michelin Pilot Super Sport yang membuat mobil ini mudah dikendalikan --bahkan bisa dipakai ngepot (drfiting).

9. Memakai 6 knalpotDilihat dari belakang, Bugatti Chiron tampak hanya memiliki empat lubang knalpot. Tapi sebetulnya mobil ini memiliki enam lubang pembuangan. Dua knalpot dipasang tersembunyi mengarah ke samping kiri dan kanan mobil. Keberadaan knalpot tambahan ini membuat daya tekan (downforce) mobil lebih baik, karena knalpot itu juga berfungsi seperti komponen diffuser yang dipakai mobil Formula 1.

MOTOR TREND | MSN | PRAGA UTAMA

#Mobil Mewah
#Bugatti

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi