Sempat Jatuh, Rossi Rebut Posisi 3 di Tes Pramusim MotoGP  
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Kamis, 3 Maret 2016 15:20 WIB
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi berpose dengan motor terbaru Yamaha M1 saat peluncuran motor balap yang akan ia pakai pada musim 2016 di Barcelona, Spanyol, 18 Januari 2016. Rossi menduduki posisi runner up dalam balap MotoGP musim lalu. AP Photo/Manu Fernandez

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, puas dengan hasil tes pramusim hari pertama di sirkuit Losail, Qatar, Rabu, 3 Maret 2016. Meskipun sempat terjatuh pada putaran pertamanya, Rossi mampu menyelesaikan tes di posisi ketiga.

Rossi mengatakan dia mengalami kecelakaan karena terlalu memaksakan sepeda motornya rebah ketika memasuki tikungan kesepuluh. Dia mengungkapkan tak mengalami cedera dalam insiden itu. The Doctor, julukan Rossi, berujar bahwa kecelakaan itu terjadi dalam kecepatan rendah, hanya 70 kilometer per jam.

"Setelah masalah itu kami menggunakan motor baru dan saya cukup puas dengan hasilnya karena sepertinya motor kami cukup kompetitif. Kami bisa tampil kuat dan cepat dan ini adalah hal yang paling penting karena ini adalah sirkuit ketiga, di mana Yamaha tampil kompetitif. Kami juga memulai dengan setelan awal yang bagus, bahkan saya tak banyak mengubah setelan itu," ujarnya.

Jika dalam tes sebelumnya di sirkuit Sepang dan Phillip Island, Yamaha masih menggunakan dua model motor YZR M1, versi 2015 dan 2016, dalam tes kali ini Yamaha memutuskan menggunakan satu model saja.

Mereka melakukan kolaborasi dari kedua versi motor itu dan memutuskan akan menggunakan versi hibrid 2015-2016 pada musim ini. Yamaha memutuskan tak menggunakan tangki bahan bakar di bagian belakang motor seperti yang mereka rancang untuk YZR M1 2016.

Pembalap asal Italia itu mengatakan hasil tes kemarin sudah menunjukkan peningkatan ketimbang hasil tes pramusim tahun lalu. Karena itu, dia yakin motornya masih bisa terus berkembang dalam sisa waktu beberapa hari lagi sebelum musim bergulir pada 20 Maret.

"Saya senang berada di barisan terdepan dan membukukan waktu sekitar 1 menit 55 detik, sedikit lebih cepat dibanding hasil tes tahun lalu, jadi ini adalah hasil yang bagus. Setelah dua tes pertama, kami memutuskan untuk menggunakan motor yang hampir mirip dengan tahun lalu dan sekarang kami memiliki dua motor seperti itu di garasi, jadi kami sudah berada dalam mode balapan," ujarnya.

MOTOGP | FEBRIYAN

#MotoGP
#Valentino Rossi
#Qatar

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi