Jelang Seri Pertama F1, Ini yang Dilakukan Rio Haryanto
Reporter: Tempo.co
Editor: Nur Haryanto
Senin, 14 Maret 2016 16:55 WIB
Aksi Rio Haryanto dalam tes pramusim Formula 1 hari ketiga di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, 24 Februari 2016. Meski melintir keluar lintasan, namun pada lap pertama, Rio sukses menipiskan jarak waktu dengan pembalap terdepan. Twitter.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Rio Haryanto menyatakan kesiapannya menghadapi laga perdana dalam ajang Formula 1. Dia mengaku semakin bisa beradaptasi dengan mobil. "Kemarin sudah delapan hari pramusim, empat hari latihan dalam mobil. Makin hari makin kenal mobil dan tim. Lebih dekat seri perdana nanti untuk terus bisa lebih beradaptasi dengan mobil," ucap Rio, Senin, 14 Maret 2016, setelah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Rio mengatakan sirkuit Melbourne, Australia, tergolong sulit. Di sirkuit semacam ini, Rio bakal menjalani laga perdananya dalam ajang F1. "Perlu waktu untuk adaptasi," ujarnya. Namun Rio optimistis karena masih ada tiga kali latihan di sirkuit itu. "Semoga tidak ada kendala dengan adaptasi karena waktunya cukup banyak," tuturnya.

Pembalap tim Manor Racing itu menjadi pembalap Indonesia pertama yang berlaga di F1. Menjelang dimulainya musim balapan, Rio masih kekurangan dana sekitar 10 juta euro. Dana itu untuk mendukung operasional balapan selama satu musim yang berjumlah 20 seri di 20 negara.

Jusuf Kalla berharap kiprah Rio di F1 bisa sukses dan mengharumkan nama Indonesia. Terkait dengan kekurangan dana, dia mendorong para pengusaha, baik dari badan usaha milik negara maupun swasta, mensponsori Rio. Kalla bahkan berjanji akan menelepon langsung pengusaha-pengusaha untuk urun tangan menutup kekurangan dana tersebut. "Pengusaha nanti saya telepon beberapa untuk bantu. Kita punya waktu dua bulan. Saya yakin bisa tercapai," katanya.

AMIRULLAH

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi