Ajang Formula 1, Sepekan Gaji Staf Manor Rp 14 Miliar
Reporter: Tempo.co
Editor: Gadi kurniawan makitan tnr
Rabu, 16 Maret 2016 16:41 WIB
Mobil Tim Manor MRT05 yang akan dikendarai Rio Haryanto di ajang Formula 1. Foto: LAT

TEMPO.CO, Jakarta - Biaya berlomba di ajang Formula 1 sangatlah mahal. Menurut Hunnisett, manajer pembalap Indonesia Rio Haryanto, mengungkapkan betapa banyaknya duit yang harus dikeluarkan Manor, tim yang menaungi Rio di Formula 1.

Sebagai mantan pembalap dan manajer pembalap-pembalap Asia, Hunnisett-lah yang bernegosiasi dengan tim-tim. Dia yang mewakili pembalap seperti Rio untuk berdiskusi dengan tim soal berapa jumlah kontribusi yang harus diberikan seorang pembalap untuk masuk sebuah tim Formula 1. Dari negosiasi itu, Hunnisett tahu pengeluaran-pengeluaran tim.

“Anda harus ingat, biaya dasar untuk mesin di dua mobil itu (tim Manor) adalah 25 juta euro (Rp 368 miliar). Gearbox-nya 6 juta euro,” kata Hunnisett pekan lalu.  

Selain itu, Hunnisett melanjutkan, tim Manor mempekerjakan lebih dari 100 anggota staf yang bekerja untuk dua mobil dan dua pembalap—Rio dan Pascal Wehrlein asal Jerman—dengan teknisi yang dibayar dengan gaji cukup tinggi. Menurut dia, setiap pekan tim harus mengelurkan duit sedikitnya 1 juta euro atau Rp 14 miliar buat menggaji kru.

Secara keseluruhan, Hunnisett mengatakan, Manor memiliki anggaran 120 juta euro atau Rp 1,7 triliun selama semusim ini—jauh lebih kecil dibandingkan tim-tim top, seperti Red Bull yang bisa mengeluarkan duit 420 juta euro selama setahun. “Kalau tim ini meminta Rio menanggung semua biaya untuk dirinya sendiri, mungkin dia harus membayar 75 juta euro,” kata Hunnisett.

Untungnya, Manor memutuskan Rio hanya perlu membayar 15 juta euro untuk ikut menanggung biaya operasional itu. “Jadi sebenarnya Rio disubsidi besar oleh Manor,” kata dia. Walaupun, Hunniset menambahkan, Rio tidak digaji.

“Mungkin hanya pembalap dari lima tim papan atas yang digaji,” kata Hunnisett. “Untuk tim-tim di bawahnya, oke, mereka menanggung tiket dan hotel. Tapi, biaya lainnya ditanggung sendiri oleh pembalap.”

GADI MAKITAN

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi