Laga F-1 Perdana 2016, Sebastian Vettel Kuasai Menit Pertama  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rina Widisatuti
Minggu, 20 Maret 2016 12:37 WIB
Mobil Mercedes yang dikendarai oleh Lewis Hamilton memimpin balapan dengan dibayangi oleh mobil Ferrari yang dikendarai oleh Sebastian Vettel saat berlaga di ajang GP F1 Italia di Monza, Italia, 6 September 2015. REUTERS

TEMPO.COMelbourne - Rangkaian Grand Prix Formula 1 akhirnya dimulai di sirkuit Melbourne, Australia, Ahad, 20 Maret 2016. Dari 22 pembalap yang beradu dalam 57 lap putaran, Sebastian Vettel yang membela Ferrari melaju ke posisi terdepan dan menguasai menit pertama balapan.

Posisi terdepan start sebelumnya dipegang pembalap Mercedes asal Britania Raya, Lewis Hamilton, yang mencatat waktu terbaik 1 menit 25,624 detik pada sesi latihan ketiga kualifikasi Melbourne itu. Vettel berada pada posisi ketiga saat pertandingan dimulai, setelah mencatat waktu 1 menit 25,852 detik dalam latihan terakhir Sabtu kemarin.

Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, yang sempat terkena penalti dan berada pada posisi bontot saat start melaju ke posisi 19 di sepuluh lap pertama. Kemarin, Rio menabrak mobil milik pembalap tim Haas, Romain Grosjean, saat keluar dari garasi. Hal itu berbuah pada penalti turun tiga posisi start yang diberikan pengawas lomba Federasi Automobil Internasional (FIA). Rio juga mendapat penalti 2 poin karena dianggap melanggar aturan 31.5.

Pertandingan berlangsung di Sirkuit Grand Prix Melbourne, atau dikenal sebagai Albert Park. Panjangnya 5.303 kilometer, dengan sepuluh tikungan kanan dan enam tikungan kiri.

Kualifikasi Formula 1 musim ini menggunakan sistem eliminasi. Kualifikasi tersebut berlangsung dalam tiga segmen dengan durasi berbeda. Kualifikasi pertama selama 16 menit. Pada tujuh menit pertama, pembalap yang terlambat akan dieliminasi. Setiap 90 detik, pembalap terpelan akan dieliminasi hingga tersisa 15 mobil.

Durasi kualifikasi kedua adalah 15 menit. Pembalap mulai dieliminasi pada enam menit pertama hingga tersisa delapan pembalap untuk kualifikasi ketiga. Kualifikasi ketiga berlangsung dalam durasi 14 menit.

YOHANES PASKALIS

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi