Finis Urutan 4, Rossi Mengeluh Motornya Kurang Kencang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rina Widisatuti
Senin, 21 Maret 2016 13:56 WIB
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi berpose dengan motor terbaru Yamaha M1 saat peluncuran motor balap yang akan ia pakai pada musim 2016 di Barcelona, Spanyol, 18 Januari 2016. Rossi menduduki posisi runner up dalam balap MotoGP musim lalu. AP Photo/Manu Fernandez

TEMPO.CO, Qatar - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, gagal meraih podium pada seri pembuka MotoGP 2016 di Qatar. Ia finis di urutan keempat, di belakang rekan setimnya, Jorge Lorenzo, Andrea Dovisioso dari Ducati, dan Marc Marquez dari Repsol Honda.

Pembalap Italia, 37 tahun, itu mengungkapkan, salah satu faktor yang membuat sulit bersaing adalah motornya kurang cepat. "Balapan yang luar biasa, adu kencang dari awal sampai akhir. Tapi sayangnya, saya tak punya speed yang cukup untuk mencoba dan menyerang. Saya ada di sana, tapi saya tak pernah terlibat dalam duel yang sesungguhnya. Saya selalu sedikit tertinggal,"  ujarnya seperti dikutip dari situs resmi MotoGP, Senin, 21 Maret 2016.

Balapan yang berlangsung di Sirkuit Losail, Senin dinihari waktu Indonesia, berlangsung sengit. Duo pembalap Ducati, Andrea Davizioso dan Andera Iannone, sempat berhasil memimpin balapan sebelum akhirnya Iannone terjatuh saat memasuki putaran kelima, dan Lorenzo mengambil alih posisi terdepan di putaran kesembilan.

Lorenzo berhasil menjadi juara seri perdana MotoGP musim ini setelah mencatat waktu tercepat 42 menit 28,425 detik. Urutan kedua ditempati Dovizioso dengan selisih waktu 2,046 detik. Posisi ketiga ditempati Marquez yang memiliki selisih waktu 2,287 detik dari Lorenzo. Sedangkan Rossi mencatat waktu dengan jarak 2,387 detik dari rekan setimnya.

Rossi mengungkapkan, ia butuh motor yang lebih kencang lagi. "Mungkin pilihan ban bisa membuat beberapa perubahan, tapi kami belum tahu juga. Dengan ban lunak, saya bisa lebih cepat atau malah lebih lambat. Kami tertinggal dan tidak bisa meraih podium," ujarnya.

Meski gagal naik podium, Rossi menilai, balapan di Qatar berlangsung seru. "Tapi balapan tetap bagus. Ini awal yang baik, kami harus berbenah dan kami tetap kompetitif," ucapnya.

Seri balapan MotoGP berikutnya akan berlangsung di Argentina pada 3 April 2016. Musim lalu, Rossi meraih podium juara di sana, diikuti Dovizioso dan Cal Crutclhlow. "Tahun ini akan menjadi cerita yang berbeda, terutama dengan ban. Maka kami perlu memahami potensi tahun ini," tuturnya.

MOTOGP | RINA WIDIASTUTI

#MotoGP
#Valentino Rossi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi