Gadis 9 Tahun Desain Mobil Antiteroris, Begini Bentuknya
Reporter: Tempo.co
Editor: Agung Sedayu
Kamis, 14 April 2016 06:50 WIB
Pelaku teroris bernama Muhammad Ali menembak Ajun Inspektur Satu Budiono dalam serangan teror bom dan penembakan di Sarinah, Thamrin, Jakarta, 14 Januari 2016. Pelaku dan rekannya tewas di tangan polisi. TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Charlene, 9 tahun, baru saja menjadi salah satu pemenang dalam kontes menggambar mobil tingkat internasional, Toyota Dream Art Contest (TDAC) 2016. Dalam kontes ini, Charlene mendesain mobil dengan nama Mobil Pemberantas Terorisme.

“Sehari sebelum menggambar, aku lihat peristiwa bom di Sarinah. Aku merasa sedih” ujarnya usai menerima penghargaan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu, 13 April 2016.

Gadis kecil ini melanjutkan, pada peristiwa tersebut, melalui televis ini ia melihat seorang polisi tengah membawa anjing pelacak untuk menyusuri bom. Kemudian ia pun mendapat inspirasi untuk membuat desain mobil untuk melawan teoris. Kebetulan saat itu ia sudah mendaftar Toyota Dream Art Contest 2016.

“Aku pun dapat ide untuk gambar mobil yang bisa seperti anjing tersebut, yang bisa mendeteksi bom, dan menangkap teroris sehingga dunia aman,” ucap Charlene.

Dalam desainnya, Charlene menggambar dua buah mobil berwarna biru dan merah muda. Kedua mobil tersebut berbentuk mirip seperti anjing, memiliki telinga dan roda yang menyerupai kaki-kaki anjing.

Pegiat seni dan media sosial yang juga menjadi juri dalam gelaran ini, Anto Motul, berharap, Charlene bisa maju ke tahap global karena ide yang dituangkannya sangat mungkin diaplikasikan. “Ini isu internasional. Bagi orang dewasa mungkin tidak akan terpikir soal mobil yang bisa mengendus teroris seperti anjing.”

Setelah memenangi kontes di Indonesia, Charlene dan kedelapan juara lainnya akan lanjut bertanding melawan juara dari negara-negara lain. Bila lolos, mereka akan diundang ke Jepang untuk menghadiri Global Ceremony pada Agustus 2016 mendatang.

Terdapat tiga kategori dalam Toyota Dream Art Contest (TDAC) 2016, yakni kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk usia 8-11 tahun, dan kategori 3 unyuk usia antara 12-15 tahun.

Selain Charlene, yang menjadi juara dalam kontes ini, antara lain Dzaky Averil Sholahuddin, Bianca Aurora Tanaka, Frans Theodore, ZevaSu’azra Malaika, Aristawidya Maheswari, Fuad Juidan Mu’tashim, Putti Kurnia Serfiyani, dan Angela Venus Sakuntala.

BAGUS PRASETIYO


 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi