Ferrari California T, Pesaing Maserati dan Aston Martin V8  
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Senin, 2 Mei 2016 07:33 WIB
Ferrari California T keluaran 2014 dalam konfigurasi kap mobil dilipat. Supercar ini menjadi perintis aplikasi biturbo di jajaran mesin Ferrari dengan "turbo lag" yang nyaris tidak ada. California T juga merajai pasar Ferrari di Tanah Air. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

TEMPO.CO, Jakarta - Dilihat dari tampilannya, Ferrari California T menerapkan desain grand tourer (GT) alias mobil jalan-jalan. Ini yang membedakannya dengan model-model Ferrari lain, yang memasang tampang dan ornamen khas mobil balap.

Dengan bonnet panjang berpadu atap yang rebah dan melengkung, gaya Ferrari California T layak bersanding dengan mobil-mobil GT keluaran Aston Martin atau Maserati. Kebetulan, dua pabrikan Eropa itu juga punya produk GT bermesin V8 yang menjadi saingan California T. Aston Martin punya Vantage V8, dan Maserati meluncurkan Gran Turismo Sport pada 2015.

Vantage V8 dan GT Sport sama-sama memakai mesin 4,7 liter. Tapi tenaga maksimalnya masing-masing hanya 430 dan 444 daya kuda. GT Sport butuh waktu 4,9 detik untuk melesat dari 0 ke 100 kilometer per jam, sedangkan Aston Martin perlu 4,7 detik.

Di sinilah keunggulan California T, karena mesin 3,9 liter V8-nya mampu menyemburkan tenaga hingga 552 daya kuda dengan torsi 755 Newton meter. Dengan kekuatan itu, California T bisa melesat dari 0 ke 100 kilometer/jam hanya dalam 3,3 detik.

Namun, jika bicara kapasitas penumpang, GT Sport lebih unggul. Wajar saja, karena mobil ini masuk kelas sedan penumpang yang bisa memuat empat orang. California T punya dua bangku tambahan, tapi terlalu sempit untuk diduduki orang dewasa. Adapun Vantage V8 hanya cukup untuk sopir dan seorang penumpang.

Kesamaan antara California T dan GT Sport ada pada atap buka-tutup alias convertible. Cukup dengan menekan tombol, proses buka-tutup atap menjadi prosesi yang asyik untuk dilihat. Sedangkan atap Vantage V8 tidak dapat dilipat, tapi Aston Martin menyediakan varian convertible soft top.

Bicara soal harga, GT Sport yang dilengkapi aneka fitur mewah dibanderol US$ 345 ribu atau sekitar Rp 4,5 miliar. California T ada di urutan kedua dengan harga US$ 206,4 ribu atau sekitar Rp 2,7 miliar. Vantage V8 bisa dibilang "termurah", karena harganya US$ 200 ribu atau sekitar Rp 2,6 miliar. Tapi itu bukan harga jual di Indonesia.

PRAGA UTAMA | AUTOBLOG.COM | CARANDDRIVER.COM

#Mobil Mewah
#Ferrari S.p.A.

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi