Lorenzo Juara di Italia Seusai Bertarung Sengit Melawan Marquez
Reporter: Tempo.co
Editor: Rina Widisatuti
Minggu, 22 Mei 2016 23:00 WIB
Jorge Lorenzo (tengah), menyemprotkan sampanye untuk merayakan kemenangannya di podium Moto GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Prancis, 8 Mei 2016. Balapan di Sirkuit Lemans itu diwarnai kecelakaan sehingga delapan pembalap gagal mencapai garis finis. AP/David Vincent

TEMPO.CO, Mugello - Pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, memenangi lomba balap MotoGP Italia, setelah bertarung ketat dengan pembalap senegaranya, Marc Marquez, dari Repsol Honda, hari ini, 22 Mei 2016.

Marquez sempat berhasil menyalip Lorenzo pada lap terakhir. Namun, saat mendekati garis finis, juara MotoGP tahun lalu itu berhasil memacu kecepatan kendaraannya hingga finis di depan Marquez, dengan selisih waktu 0,019 detik.

Lorenzo mengatakan tidak bisa memacu kecepatan motor seperti keinginannya. Sebab, kata dia, motornya tidak cukup kencang. "Saya mengerahkan energi banyak untuk menjaga posisi terdepan," ujarnya.

Ia sempat berpikir bakal finis di urutan kedua saat Marquez berhasil melewatinya di putaran terakhir. Namun, pada saat itu, motornya bisa melaju cukup cepat sehingga ia bisa menang di GP Italia kali ini. "Saya bisa meraih kemenangan tak terduga ini," katanya.

Marquez tampil mengotot pada lap terakhir. Bahkan dia sempat hampir menyenggol motor Lorenzo. Namun Lorenzo mampu menunjukkan dominasinya.

"Saya sudah mengetahui kami sedang berjuang sepanjang akhir pekan mencoba kecepatan dan potensi akselerasi dan kecepatan maksimal. Saya mengambil banyak risiko untuk mencoba memenangkan perlombaan. Jadi kami harus tetap bekerja pada akselerasi," tutur Marquez.

Urutan ketiga ditempati pembalap Ducati asal Italia, Andrea Iannone. Meski berhasil naik podium mendampingi Lorenzo dan Marquez, Iannone tetap sedikit kecewa. "Saya mendorong sangat keras dan merasa ban dalam kondisi sangat baik. Podium di Italia sangat baik, tapi saya punya potensi untuk bertarung meraih kemenangan," ucapnya.

Valantino Rossi, yang sebelumnya start di urutan terdepan, tak mampu menyelesaikan balapan. Setelah melebar dari lintasan hingga tercecer di urutan belakang, motornya rusak dan mengeluarkan banyak asap. Kondisi itulah yang membuat Rossi terpaksa mundur.

Setelah balapan ini, Lorenzo berada di urutan teratas klasemen sementara dengan 115 poin. Posisi kedua ditempati Marquez dengan 105 poin. Sedangkan Rossi di urutan ketiga dengan 78 poin.

CRASH NET | MOTO GP | RINA W

#MotoGP
#Jorge Lorenzo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi