MotoGP: Valentino Rossi dan Marc Marquez Akhirnya Akur  
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Senin, 6 Juni 2016 05:08 WIB
Pembala Yamaha asla Italia, Valentino Rossi berhasil finish diurutan pertama di sirkuit Jerez, Spanyol, 24 April 2016. AP/Miguel Angel Morenatti

TEMPO.CO, Jakarta - Perseteruan antara Valentino Rossi dengan Marc Marquez akhirnya menunjukkan tanda-tanda mereda. Setelah sebelumnya kedua bintang MotoGP itu terlibat perang dingin, Rossi dan Marquez tampak berjabat tangan seusai balapan MotoGP Catalunya, Ahad, 5 Juni 2016.

Kejadian itu terekam kamera seusai dua pembalap itu memarkir motornya di depan podium juara. Rossi, yang menjadi pemenang dalam balapan itu, mendatangi Marquez dan menjabat tangan pembalap asal Spanyol tersebut.

Marquez dan Rossi terlibat aksi salip-menyalip di akhir balapan. Marquez, yang sempat melebar saat memasuki tikungan, akhirnya harus puas berada di posisi kedua. Rekan setim Marquez di Repsol Honda, Dani Pedrosa, berada di posisi ketiga.

Rossi mengatakan bisa melupakan perseteruannya dengan Marquez setelah sebuah tragedi menimpa pembalap Moto2 asal Spanyol, Luis Salom, dalam sesi latihan bebas kedua, Jumat pekan lalu. Salom meninggal setelah terjatuh dari motor yang dikendarainya.

"Ketika hal seperti itu terjadi (meninggalnya Salom), hal lainnya jadi tidak penting, jadi kecil. Jadi saya pikir tadi adalah hal yang tepat untuk dilakukan," kata Rossi dalam konferensi pers seusai balapan.

Hubungan Rossi dan Marquez sempat menegang pada akhir musim MotoGP 2015. Dalam konferensi pers menjelang balapan di seri MotoGP Malaysia, Rossi menuding Marquez membantu Jorge Lorenzo, yang tak lain rekan setim Rossi di tim Movistar Yamaha, untuk mengalahkannya pada balapan terdulu di MotoGP Australia.

Saat itu, Rossi dan Lorenzo sedang bersaing menjadi juara dunia MotoGP 2015. Tudingan Rossi langsung dibantah Marquez. Aksi panas pun terjadi di antara kedua pembalap saat balapan.

Marquez seperti sengaja menahan laju motornya untuk bertarung dengan Rossi. Terjadi aksi salip-menyalip hingga nyaris bersentuhan diperagakan kedua pembalap. Persaingan itu berakhir setelah Rossi menggiring motor Marquez ke pinggir aspal dan membuat kedua motor bersentuhan hingga Marquez terjatuh.

Masalah ini sempat memanas hingga Dorna, promotor MotoGP, harus turun tangan. Mereka meminta para pembalap tak mengeluarkan pernyataan yang membakar emosi pembalap lain. Rossi pun dihukum harus start dari posisi paling belakang di seri pamungkas MotoGP Valencia.

The Doctor akhirnya harus puas posisi juara dunia diambil alih Lorenzo, dan sejak saat itu, Marquez dan Rossi terlibat perang dingin. Dalam balapan terdulu musim ini, Rossi dan Marquez tak pernah bertegur sapa, apalagi berjabat tangan.

CRASH|FEBRIYAN

#MotoGP
#Valentino Rossi
#Spanyol

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi