Bertemu Manor, Menteri Imam: Rio Haryanto Masih Diberi Kesempatan
Reporter: Tempo.co
Editor: Gadi kurniawan makitan tnr
Selasa, 14 Juni 2016 16:48 WIB
Masyarakat Indonesia menyambut Rio Haryanto di Montreal, Kanada. Dokumentasi KJRI Montreal

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyatakan tim Formula 1, Manor Racing, masih memberikan kesempatan kepada pembalap Indonesia, Rio Haryanto, untuk mengamankan kursinya di sisa balapan Formula 1 musim ini.  

“Yang jelas, saat ini proses pembicaraan untuk penyelesaian pembayaran terus dilakukan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di sela-sela pertemuan dengan perwakilan Manor Racing, Abdulla Boulsien, di kantornya, Jakarta, Selasa, 14 Juni 2016.

Pertemuan antara Menteri Olahraga dan perwakilan Manor ini berlangsung kurang lebih satu jam. Pihak Manajemen Kiky Sport dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda Gatot S. Dewa Broto juga hadir.   

Pertemuan itu tidak hanya membahas kekurangan dana yang harus dibayar manajemen Rio kepada Manor, tapi juga Formula 1 secara keseluruhan, mulai olahraga hingga promosinya.

"Sampaikan ucapan terima kasih dari kami kepada Manor atas kesempatan yang diberikan kepada Rio dan Indonesia dalam ajang balap Formula 1. Itu akan menjadi sebuah pengalaman untuk Rio," ucap Menteri Imam.

Rio terancam hanya akan bisa menjalani sebelas seri balapan dalam Formula 1 musim ini karena belum bisa melunasi pembayaran sebesar 15 juta euro. Masih ada kekurangan sekitar 7 juta euro atau sekitar Rp 105 miliar. Menteri Imam menuturkan saat ini pihaknya masih berusaha mencarikan solusi pendanaan untuk Rio.

Orang nomor satu di Kementerian Pemuda itu pun meminta Manor memberi kelonggaran dalam melakukan pembayaran. Bahkan pemerintah meminta bantuan Manor untuk meyakinkan calon sponsor terkait dengan pentingnya memberi dukungan di Formula 1.

"Manor kami minta ikut menjelaskan untung dan ruginya, biar calon sponsor bisa mengetahui dengan detail apa itu Formula 1. Yang jelas, keikutsertaan Rio di Formula 1 musim ini akan dijadikan pendidikan dasar untuk ke depan," kata pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu.

ANTARA | GADI MAKITAN

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi