MotoGP, Rossi dan Lorenzo Akan Gunakan Sasis Baru di Belanda
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Kamis, 16 Juni 2016 07:25 WIB
Pembalap Moto GP, Valentino Rossi berselebrasi usai memenangkan balapan Motor Grand Prix di Sirkuit Barcelona Catalunya, Montmelo, Spanyol, 5 Juni 2016. Rosi berhasil meraih kemenangan keduanya di MotoGP musim ini. AP/Manu Fernandez

TEMPO.CO, Jakarta - Tim Movistar Yamaha memastikan dua pembalapnya akan menggunakan sasis baru pada seri MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, 26 Juni mendatang. Sasis baru itu disebut membuat sepeda motor tunggangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo bisa melaju lebih cepat saat menikung.

Laman Crash mengabarkan, kepastian itu diperoleh dari juru bicara tim Yamaha. Setelah menjalani tes di Sirkuit Catalunya, Yamaha berkesimpulan bahwa sasis baru yang disiapkan lebih baik ketimbang sasis yang digunakan Rossi dan Lorenzo saat ini.

"Ya, kedua pembalap akan menggunakan sasis baru di Assen," ujar juru bicara yang tak disebutkan namanya itu.

Pada sesi uji coba pasca-balapan di seri MotoGP Barcelona dua pekan lalu, Rossi mengatakan timnya akan mencoba menggunakan sasis baru. Uji coba itu, menurut dia, ditujukan untuk membandingkan sasis mana yang lebih baik saat sepeda motor menikung.

"Apa yang Anda harapkan dari sasis baru kurang lebih sama: mencoba menikung dengan lebih cepat. Itu adalah targetnya," ucapnya.

Sejumlah pembalap musim ini memang memiliki masalah dengan kecepatan saat menikung. Penyebabnya adalah cengkeraman ban depan Michelin dianggap tak cukup baik.

Alhasil, pada awal musim ini, banyak pembalap mengalami kecelakaan, baik pada sesi latihan maupun balapan. Sejumlah pabrikan pun mencoba memperbaiki masalah itu dengan mengembangkan sasisnya. Hal itu karena mereka tak bisa lagi melakukan perubahan pada mesin saat musim balapan sudah dimulai.

Yamaha sendiri bukanlah tim yang terlalu banyak mengalami masalah dengan tikungan. Terbukti, dari tujuh balapan yang sudah berlangsung, Rossi dan Lorenzo berhasil memenangi lima di antaranya.

CRASH | FEBRIYAN

#MotoGP
#Valentino Rossi
#Spanyol

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi