Toyota Astra Raih Pangsa Pasar 39 Persen
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Kamis, 23 Juni 2016 16:22 WIB
PT Toyota Astra Motor meluncurkan varian baru dari mobil All Kijang Innova (Dok. Toyota Astra Motor)

TEMPO.COJakarta - Toyota Astra Motor meraih pangsa pasar (market shares) sebesar 39 persen melalui penjualan 33.624 unit. “Kami bersyukur atas pencapaian positif ini," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Juni 2016.

Pada Mei 2016, semua segmen kendaraan penumpang Toyota di pasar retail mengalami pertumbuhan signifikan. Dibandingkan April 2016, pertumbuhan tertinggi pada Mei dicapai pada segmen sedan sebesar 47,9 persen, diikuti SUV 19,4 persen, 4x4 12,3 persen, hatchback 7,4 persen, serta MPV 3,5 persen.

Sepanjang bulan lalu, Toyota Avanza masih menjadi kontributor utama penjualan Toyota dengan total penjualan retail 14.027 unit atau tumbuh 5,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Penjualan retail Avanza pada Mei lalu tercatat yang tertinggi sepanjang 2016.

Segmen sedan Toyota yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi di pasar retail bulan lalu ditopang membaiknya kinerja entry sedan yang bertumbuh tiga kali lipat lebih, dari 103 unit pada April menjadi 339 unit pada Mei. Adapun segmen SUV Toyota di pasar retail pada bulan lalu mencatatkan pertumbuhan tertinggi kedua, yaitu 19,4 persen dibandingkan dengan pencapaian bulan sebelumnya.

Dua produk Toyota yang bersaing pada segmen ini, yaitu Toyota Rush di segmen medium SUV dan All Toyota Fortuner di segmen high SUV, berhasil menunjukkan keunggulannya dengan tetap berhasil meraih peningkatan penjualan.

Peluncuran versi terbaru Toyota Rush dalam semangat Let’s Go Beyond, yaitu TRD Sportivo dan TRD Sportivo Ultimo, dengan kapasitas tujuh penumpang mengangkat penjualan pionir medium SUV di Indonesia ini ke posisi 2.418 unit atau tumbuh 7,4 persen dibandingkan April 2016.

Adapun pada periode yang sama, All New Toyota Fortuner yang diluncurkan awal tahun ini masih tetap memimpin pada segmen high SUV dengan angka penjualan sebesar 3.007 unit, dengan market shares 58,4 persen di kelasnya.

MAYA AYU PUSPITASARI

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi