Ini Indikator Layanan Purnajual Otomotif Berkualitas  
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Kamis, 1 September 2016 15:14 WIB
wikipedia.org

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan riset marketing asal Singapura, J.D. Power, mengumumkan, indeks tingkat kepuasan pelanggan otomotif di Indonesia pada 2016 meningkat. Tahun ini, skala kepuasan konsumen mencapai rata-rata 765 dari skala 1.000 atau naik 4 poin dibanding tahun 2015.

Dalam studinya, J.D. Power menyebutkan merek otomotif yang paling memuaskan pelanggan adalah Toyota, yang tampil sangat baik dalam hal konsultan layanan, fasilitas servis, dan kualitas servis. Merek lain yang juga dianggap memiliki kualitas purnajual bagus adalah Nissan, Mitsubishi, dan Daihatsu.

Baca10 Mobil Paling Memuaskan Konsumen Indonesia

Menurut Direktur J.D. Power Kaustav Roy, kebiasaan pemilik mobil di Indonesia adalah menunggui kendaraannya ketika sedang diservis. Sebanyak 80 persen konsumen, ujar dia, menghabiskan waktu dua jam di dealer dan bengkel hingga kendaraannya selesai dikerjakan.

Kondisi ini didukung oleh pengaturan jam operasional dealer yang lebih efisien. Hasil studi menyebutkan 96 persen konsumen dapat membuat janji pada hari yang diinginkan, lalu 93 persen kendaraan pelanggan selesai dikerjakan pada hari yang sama, dan 99 persen konsumen mengindikasikan hasil servis bengkel memuaskan.  

Selain itu, fasilitas tambahan, seperti ruang tunggu ber-AC, keberadaan televisi, sambungan Internet, dan makanan gratis, menambah tingkat kepuasan konsumen.

BacaToyota Kembali No.1 Kepuasan Pelanggan Versi JD Power

Studi itu juga menyatakan, dari total jumlah pelanggan yang sangat puas dengan pelayanan dealer, 65 persen di antaranya mengatakan “pasti akan” datang kembali ke dealer yang sama untuk pelayanan pascagaransi. Ada lima faktor yang menjadi dasar penilaian kualitas pelayanan dealer, yakni kualitas servis (30 persen), memulai pengerjaan servis (27 persen), fasilitas servis (15 persen), pengambilan kendaraan (15 persen), dan konsultan layanan (12 persen).

PRAGA UTAMA

Terpopuler: Sean Gelael Bertekad Ukir Prestasi di GP2 Belgia   Sean Gelael Berharap Keajaiban di GP2 Sirkuit Monza Rio ke Italia Dampingi Balapan F1 Tim Manor Honda Tur Lintas Negara Thailand-Malaysia Menjajal Rem Otomatis dan Anti-Slip Toyota

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi