Di Sirkuit San Marino, Dani Pedrosa Naik Podium Juara
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Minggu, 11 September 2016 20:20 WIB
Pebalap MotoGP Dani Pedrosa. AP/Manu Fernandez

TEMPO.CO, San Marino - Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa akhirnya merasakan podium juara pertama untuk pertama kalinya musim balap tahun ini. Ia menjadi yang tercepat mencapai finish Sirkut Misano Marco Simoncelli pada Ahad, 11 September 2016. Dua pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo harus puas masing-masing di posisi dua dan tiga.

Sejak awal balapan awak media menyorot Valentino Rossi yang memulai balapan dengan ritual berdoa di samping motornya. Ratusan ribu penggemar Valentino Rossi berseragam kuning memenuhi sirkuit Misano. Sementara pembalap lain juga melakukan beberapa kebiasaan sebelum membalap.

Rossi memulai balapan dengan cukup baik dan berada di posisi kedua. Sementara Jorge Lorenzo memimpin balap dan segera mengambiil jarak dengan Valentino Rossi. Di hadapan pendukungnya Rossi terus mengejar dan tak membiarkan Lorenzo melesat di depan.

Rossi membuntuti Lorenzo tepat di belakang, dan berhasil menyalip di sisa 27 putaran lagi. Rossi melesat meninggalkan Lorenzo di tikungan lambat. Tapi pembalap Spanyol itu tak membiarkan dan membuntuti Rossi.

Lap ketiga, Pembalap Repsol Honda Marc Marquez sempat berduel dengan pebalap Suzuki, Maverizk Vinales. Bahkan Marc sempat menyenggol Vinales. Hal ini membuat dia sempat kehilangan kendali dan disalip oleh Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Di pertengahan sisa putaran, Rossi mendominasi balapan. Dia membuat jarak dengan Lorenzo sejauh 0,917 detik. Rossi tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk memperlebar jarak dengan pembalap di belakangnya.

Di posisi ketiga, Marquez membuntuti Lorenzo dan membuat jarak dengan rekannya, Dani Pedrosa yang berada di urutan keempat. Putaran ke-10, Vinales menyalip Dovizioso dan berada di urutan kelima.

Sementara Pedrosa yang memulai balapan seri ke-13 kali ini dari posisi ke-8 menunjukkan keganasannya di sirkuit San Marino. Dani mendekati Marquez yang berada di posisi ketiga. Pedrosa menyalip Marquez di sisa 15 putaran. Dia kemudian meninggalkan Marquez.

Pedrosa semakin menggila dan mendekati Lorenzo. Dia berhasil menyalip Lorenzo di sisa putaran 12. Sementara Rossi berada di posisi terdepan dan membuat jarak satu detik dengan Pedrosa. Tapi Pedrosa tak butuh waktu lama membuntuti Rossi, di putaran ke-20.

Pedrosa mengambil alih Rossi di sisa 7 putaran lagi. Rossi mencoba mengejarnya, tapi tak mampu kembali mengambil posisi terdepan. Pedrosa akhirnya meraih juara pertama kalinya di musim ini. Rekannya di Repsol Honda, Marquez hanya puas di urutan ke-empat.

Hasil San Marino tetap menempatkan Marquez sebagai pimpinan klasemen balap dengan 223 poin. Valentino Rossi menipiskan jarak dengan 180 poin.

AVIT HIDAYAT

#MotoGP
#Dani Pedrosa | Pedrosa

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi