Marquez Pembalap Termuda Raih 3 Gelar Juara Dunia MotoGP  
Reporter: Tempo.co
Editor: Erwin prima
Minggu, 16 Oktober 2016 14:42 WIB
Pembalap Spanyol, Marc Marquez menjelang Japanese Motorcycle Grand Prix di Motegi, Tokyo, Jepang, 13 Oktober 2016. AP Photo/Shizuo Kambayashi

TEMPO.COMotegi - Pembalap Honda, Marc Marquez, meraih gelar juara dunia MotoGP yang ketiga setelah menjuarai Grand Prix Jepang di Sirkuit Motegi, Ahad, 16 Oktober 2016. Dalam balapan itu, Marquez tampil dominan setelah dua rival utamanya dari Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, terjatuh sehingga gagal menyelesaikan balapan.

Baca: Marquez Juara Dunia MotoGP, Hasil Motegi dan Klasemen Umum Rajai Balapan di Jepang, Marquez Juara Dunia MotoGP 2016 

Seperti dikutip dari kantor berita Foxsports, Rossi yang memulai laga pada posisi terdepan jatuh di awal balapan. Sedangkan Lorenzo mengalami kecelakaan pada putaran kelima sebelum finis. Marquez pun berada pada posisi terdepan mengalahkan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, dan pembalap Suzuki, Maverick Vinales.

Menurut kantor berita BBC, dalam Grand Prix Jepang ini, Marquez mampu menyelesaikan 24 putaran dalam waktu 42 menit 34,61 detik. Dovizioso, yang berada pada posisi kedua, mampu menyelesaikan balapan dalam waktu 42 menit 37,60 detik. Adapun Vinales hanya berada 1,11 detik di belakang Dovizioso.

Dengan jatuhnya Rossi dan Lorenzo, keduanya tidak bisa mengejar poin yang saat ini dikumpulkan Marquez. Dalam klasemen MotoGP 2016, Marquez berada pada peringkat satu dengan 273 poin, Rossi berada pada peringkat dua dengan 196 poin, dan Lorenzo berada pada peringkat tiga dengan 182 poin. Adapun peringkat IV dan V diraih Vinales dan Dani Pedrosa.

Gelar juara dunia MotoGP 2016 yang diraih Marquez tersebut membuat pembalap 23 tahun itu menjadi pembalap termuda yang meraih tiga gelar juara dunia MotoGP. Sebelumnya, Marquez pernah meraih gelar juara dunia MotoGP pada 2013 dan 2014. Pada MotoGP 2015, Marquez hanya mampu meraih peringkat tiga di bawah Lorenzo dan Rossi.

FOXSPORTS | BBC | ANGELINA ANJAR SAWITRI

#MotoGP
#Honda
#Marc Marquez
#Jepang

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi