Hayden Gantikan Pedrosa di MotoGP Australia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Jumat, 21 Oktober 2016 17:30 WIB
Pembalap MotoGP tim Aspar, Nicky Hayden berpose memegang seekor Koala saat berkunjung ke Maru Koala and Animal Park jelang GP Australia di Phillip Island, Australia, 15 Oktober 2015. (AP Photo)

TEMPO.COJakarta - Pembalap Nicky Hayden akan menggantikan posisi Dani Pedrosa di tim Repsol Honda pada balapan MotoGP Australia, Ahad mendatang. Hayden, yang memutuskan hijrah ke balapan Superbike musim ini, mencatatkan waktu tercepat kesembilan dalam sesi latihan Jumat ini. 

Pembalap asal Amerika Serikat itu mampu mencatatkan waktu terbaiknya pada sesi latihan sore hari yang berlangsung dalam cuaca hujan. Sesi latihan kedua dihentikan di tengah jalan karena kondisi cuaca yang buruk.

Hayden menyatakan dia cukup merasa nyaman meskipun baru sekali ini menunggangi sepeda motor Honda RCV213V, yang berbeda dengan sepeda motornya terdahulu. Dia pernah membawa Honda juara dunia pada 2006. Dia juga merasa cengkeraman ban Michelin bekerja dengan baik pada sesi latihan itu.

"Cengkeraman ban depan cukup baik dan saya merasa nyaman dengan motor ini. Terkadang, ketika motor terasa nyaman, sangat mudah bagi pembalap membuat kesalahan. Saya merasa motor ini lebih baik (ketimbang motornya terdahulu) dan saya bisa mendapatkan catatan waktu cukup baik. Saya tak terburu-buru membuat langkah besar," ujarnya. 

"Saya merasa baik saat hujan dan saat keluar dari garasi untuk kedua kalinya, saya bisa memperbaiki catatan waktu saya. Secara keseluruhan, hari pertama ini tak terlalu buruk," kata Hayden. "Hanya, saya tak bisa mendapatkan lebih banyak putaran karena saya harus lebih memahami motor ini dan tim yang ada. Mereka harus mengetahui apa pendapat saya tentang motor ini. Apa yang saya sukai dan tidak sukai."

Hayden menggantikan Pedrosa yang mengalami cedera pada sesi latihan MotoGP Jepang pekan lalu. Pedrosa terpental dari motornya dan mengalami patah tulang selangkangan. 

Pembalap asal Spanyol itu langsung diterbangkan ke rumah sakit di Barcelona untuk menjalani operasi. Meskipun operasi berjalan lancar, Pedrosa masih membutuhkan waktu untuk melakukan pemulihan. Dia diperkirakan baru bisa kembali membalap pada seri MotoGP Valencia akhir bulan depan. 

CRASH | FEBRIYAN

#MotoGP
#Australia

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi