Gaikindo Ajak Industri Otomotif Songsong Masa Depan
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Rabu, 8 Februari 2017 07:00 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (tiga dari kiri) bersama perwakilan Gaikindo dan Organda menandatangi MoU pelaksanaan uji kir oleh swasta di Jakarta, 23 November 2016. Tempo/Fajar Pebrianto

TEMPO.CO, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengajak industri otomotif Indonesia membangun dan mengembangkan diri menyongsong masa depan.

Gaikindo berharap, upaya itu diawali dengan pelaksanaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang akan dilangsungkan pada 10-20 Agustus 2017 di ICE BSD City, Tangerang. Itu sebabnya, dalam ajang GIIAS 2017, Gaikindo mengusung tema Rise of Future Mobility yang mewakili semangat menyongsong masa depan.

SimakGaikindo: Agustus Nanti, 27 Merek Gabung GIIAS 2017

"Tema kali ini Rise of Future Mobility, kami akan mengajak industri otomotif mengembangkan teknologi mobilitas menyambut masa depan," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi di Jakarta, Selasa, 7 Februari 2017.

Pasalnya, lanjut Nangoi, industri otomotif global mendapati sentuhan teknologi yang terus berkembang pesat seperti penggunaan tenaga listrik dengan emisi rendah hingga mobil swakemudi yang kian mendekati tahapan produksi massal.

BacaMerasakan Sensasi Liar Si Kuda Jingkrak, Ferrari 488 GTB

Oleh karena itu, Indonesia yang sudah masuk negara-negara dengan volume industri otomotif di atas satu juta unit harus bersiap menghadapi perkembangan dunia otomotif global tersebut.

"Masih banyak pekerjaan rumah, sehingga Gaikindo dan pemerintah harus terus bahu membahu, sebab tujuan Gaikindo bukan cuma produksi mobil untuk di dalam negeri saja, sebisa mungkin meningkatkan ekspor," kata Yohannes.

Sementara itu, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2017, Rizwan Alamsjah, menegaskan tema tersebut sangat cocok untuk diangkat pada edisi ke-25 pameran tahunan Gaikindo tersebut.

"Selain terus membangun industri otomotif dalam negeri, kita juga harus melihat perkembangan dunia otomotif secara global, yang perkembangan teknologinya sangat cepat," ujarnya.

Sejauh ini, hingga 3 Februari 2017, sebanyak 27 merek dari para agen pemegang merek (APM) dan agen tunggal pemegang merek (ATPM) anggota Gaikindo telah menyatakan kesiapan mereka untuk ambil bagian dalam GIIAS 2017.

Jumlah tersebut terdiri dari 21 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW, dan Wuling, serta 6 merek kendaraan niaga yaitu FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, dan UD Trucks.

ANTARA


 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi