Mobil Listrik Mahasiswa UMM Siap Berlaga di Singapura
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Jumat, 17 Februari 2017 19:34 WIB
Pembalap memacu mobil listriknya selepas start di sirkuit kampus Polban, Bandung, Jawa Barat, 20 November 2016. Kompetisi Mobil Listrik Indonesia VII ini diikuti 19 universitas dari seluruh Indonesia dengan menempatkan wakilnya pada balap mobil yang mengedepankan kecapatan dan efisiensi sumber energi. TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Malang - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang meluncurkan mobil listrik, Jumat 17 Februari 2017. Mobil ini akan berlaga dalam ajang Shell Eco Marathon Asia di Cangi-Singapura diselenggarakan 15-19 Maret 2017. Purwa rupa mobil hemat energi ini diberi nama Barquh Speed.

Purwa rupa mobil hemat energi ini dikerjakan enam mahasiswa secara kolaboratif terdiri dari mahasiswa Teknik Elektro dengan Teknik Mesin Fakultas Teknik yang tergabung dalam tim Singhasari SuperMileage UMM.

Baca:Yamaha Siap Luncurkan New Fino Grande, Ini KeunggulannyaUsia 35 Tahun, Astra Credit Company Siapkan 3 Jurus Andalan

Tim ini akan berkompetisi dengan 100 tim lain dari Asia dan 34 tim dari Indonesia. "Mobil ini didesain secara aerodinamis, bergaya, bodi berbahan ringan, sistem transmisi sangat sistematis,” kata dosen pembimbing, Iis Siti Asiyah. 

Hasil uji coba menunjukkan mobil listrik setiap bisa menempuh 320 meter/kWh. Sedangkan bahan yang digunakan untuk bodi tergolong ringan, menggunakan aluminium dan serat kaca.

Sementara sistem transmisi dihitung secara detail. Tim, katanya, menggunakan persiapan yang matang. Mereka merencanakan dan mempersiapkan selama empat bulan untuk menciptakan mobil listrik.

Simak:Januari, TVS Jual 2.239 Unit MotorMenerka Nama Pasar Mitsubishi XM Concept

Manajer tim Abdul Qowi optimistis bisa menembus tiga besar untuk kelas listrik proto. Dua tahun lalu, UMM meraih juara empat dalam ajang mobil nasional yang di gelar di Kenjeran, Surabaya. “Persiapan matang, optimistis meraih hasil optimal,” kata Qowi. 

EKO WIDIANTO

#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi