Gelar Lomba Adu Irit, Volvo Ajak Pengemudi Truk  
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Jumat, 3 Maret 2017 19:00 WIB
Logo Volvo. REUTERS/Brendan McDermid

TEMPO.CO, Pekanbaru – Volvo Trucks tahun ini kembali menggelar ajang kejuaraan kompetisi bagi para pengemudi truk dalam ‘Volvo Fuelwatch Challenge 2017'. Kompetisi ini merupakan yang kedelapan kalinya digelar di Indonesia, dan merupakan ajang tahunan yang dilakukan oleh Volvo Trucks di seluruh dunia.

Baca : Laba Bersih Volvo Merosot Tajam

“Penyaringan para pengemudi akan dilakukan dari tanggal 27 Februari – Mei 2017 sebagai upaya mencari pengemudi paling irit bahan bakar dan memiliki pengetahuan di bidang truk di Indonesia,” kata Valery Muyard, Presiden Direktur, Volvo Trucks Indonesia dalam siaran pers, Kamis 2 Maret 2018.

Baca : Volvo dan Garasindo Incar Pasar Asia Tenggara

Kompetisi tahunan Volvo Fuelwatch Challenge bertujuan mendidik pengemudi, dan para pelanggan tentang pentingnya praktik mengemudi yang meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Valery Muyard mengatakan konsep Fuelwatch diciptakan sebagai patokan untuk membantu para pelanggan mengatasi masalah harga bahan bakar dengan mengajarkan cara mengemudi yang lebih efisien. Dia memperkirakan dengan berkurangnya pasokan bahan bakar fosil, harga bahan bakar akan meningkat dari waktu ke waktu.

“Hal ini akan menjadi beban berat bagi banyak perusahaan pengangkutan serta mempengaruhi pendapatan bisnis mereka,” kata dia.

Kompetisi ini terdiri dari latihan konsep-konsep dasar seperti optimasi truk dan pemeliharaan, efisiensi bahan bakar, dan teknik aman berkendara. Fuelwatch Challenge terdiri dari tes teori di putaran awal yang akan diadakan di sepuluh lokasi pelanggan Volvo Trucks di seluruh Indonesia.

Para pemenang kemudian akan bersaing dalam tantangan mengemudi yang dipraktekan secara langsung di ajang semi-final yang berakhir di Jakarta. Pemenang putaran tersebut akan lanjut untuk bersaing mendapatkan gelar juara akhir di Swedia September 2017.

Driver Trainer Volvo Trucks Indonesia Budi Nurmansyah mengatakan sepuluh driver yang terpilih lolos ke babak final nasional akan menjalani pelatihan. Pelatihan tersebut di antaranya adalah mempertajam keterampilan dan pengetahuan tentang metode mengemudi, cara menghemat keterampilan bahan bakar dan keselamatan.

‘The Fuelwatch Challenge’ menawarkan hadiah utama berupa kesempatan untuk terbang ke Swedia, mengunjungi rumah Volvo Trucks dan berpartisipasi dalam kejuaraan dunia. Sejauh ini, Volvo Trucks telah mensponsori 2 pengemudi truk Indonesia setiap tahunnya untuk bersaing di tingkat global dengan mengikuti kompetisi yang diadakan di luar negeri.

ALI HIDAYAT

#Harga BBM
#Volvo

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi