Rombongan Mobil Kuno Tempuh 19 Jam Bengkulu-Kerinci  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti
Senin, 27 Maret 2017 11:23 WIB
Rombongan mobil Perhimpunan Pecinta Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) DKI Jakarta dalam perjalanan Bengkulu -Kerinci. Petualangan antar-pulau ini di awal start melibatkan sekitar 15 mobil klasik berbagai jenis. Foto: Dokumentasi PPMKI

TEMPO.CO, KERINCI – Perjalanan tur Bengkulu-Kerinci oleh Perhimpunan Pecinta Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) DKI Jakarta, yang berangkat pada 22 Maret 2017, berakhir mundur dari jadwal yang dipatok sebelumnya. Tim akhirnya tiba di Kabupaten Kerinci pada Ahad, 26 Maret 2017.

Ketua panitia tur Jakarta-Kerinci, Cecil B. Silanu, menjelaskan, etape Bengkulu-Kerinci menjadi tantangan berat bagi rombongan mobil kuno hingga menyebabkan molornya waktu perjalanan. “Jalanan berlubang dan rawan longsor di jalur Bengkulu-Kerinci membuat kami harus berhati-hati,” katanya, Senin, 27 Maret 2017.

Silanu menyatakan pihaknya meminta bantuan petugas kepolisian Bengkulu untuk mengawal perjalanan malam hari dari daerah Tapan, Bengkulu, menuju Sungai Penuh, Jambi.

Perjalanan Bengkulu-Kerinci, yang tadinya diprediksi memakan waktu 12 jam, ternyata molor hingga tujuh jam. Walhasil, rombongan, yang seharusnya tiba di Kerinci pada Sabtu malam, baru tiba pada Ahad, pukul 03.00 WIB.

Sebelumnya, perjalanan rombongan mobil kuno di etape Danau Ranau-Bengkulu juga menghadapi kendala. Kendaraan Fiat 1100 tahun 1961 beberapa kali mengalami gangguan mesin, sedangkan Dodge Lancer tahun 1962 sempat alami rem blong. Untungnya, jalanan tidak ramai hingga bisa cepat dikendalikan oleh sopir sehingga tidak menimbulkan kerusakan fisik.

Perjalanan yang melelahkan akhirnya terbayarkan dengan pemandangan apik Gunung Kerinci dan hamparan kebun teh di kaki gunung. Matsumi, peserta tur asal Jepang, mengungkapkan, tur mobil kuno yang pertama kali diikutinya ini menjadi pengalaman yang paling berkesan. “Saya sudah mengunjungi hampir 50 negara, dan menurut saya tur Jakarta-Kerinci ini sangat luar biasa,” tuturnya.

Dari Kerinci, PPMKI DKI Jakarta direncanakan melanjutkan perjalanan menuju Muara Bungo, Jambi, Palembang, Lampung. Lalu, mereka dijadwalkan akan tiba kembali di Jakarta pada 31 Maret 2017.

HOSPITA YULIMA | DINDA AMALIA

#Balap Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi