MotoGP Qatar, Marquez Gagal Podium karena Salah Pilih Ban
Reporter: Tempo.co
Editor: Yocta Nurrahman
Senin, 27 Maret 2017 13:59 WIB
Marc Marquez di sesi uji coba Qatar. Instagram.com

TEMPO.CO, Jakarta – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku salah memilih tipe ban sehingga gagal naik podium dalam balapan seri perdana MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Senin dinihari waktu Indonesia, 27 Maret 2017.

Marquez khawatir akan mengalami kecelakaan menyusul kondisi sirkuit Losail yang licin karena hujan. Untuk itu, ia menggunakan ban tipe sedang, bukan ban tipe keras, yang berakibat sulit membalap secara agresif guna bersaing di baris terdepan.

Kendati demikian, Marquez cukup puas finis di peringkat keempat atau di bawah Valentino Rossi, yang menyelesaikan balap di posisi ketiga.

”Kami menyadari bahwa kami sedikit kesusahan di trek ini, tapi kami terus bersikap positif seperti biasa. Seperti yang kita tahu, jika semuanya sesuai dengan rencana, kami bisa bersaing untuk podium atau bahkan meraih kemenangan,” kata Marquez, seperti dilansir laman resmi Honda Racing, Senin.

”Rencana kami adalah menggunakan ban depan dengan tipe yang lebih keras, namun situasi kacau karena hujan dan penundaan terus-menerus yang menciptakan keraguan,” ujar juara MotoGP 2016 itu.

”Pada akhirnya kami memutuskan membalap dengan ban depan tipe medium, bertujuan mengurangi risiko kecelakaan, ternyata itu menjadi kesalahan terbesar kami pada akhir pekan ini,” ucap Marquez.

”Saya berjuang keras dengan ban itu sepanjang waktu. Saya tidak bisa mengerem dengan keras, dan setelah beberapa lap ban sudah tak bisa digunakan,” tuturnya.

Marquez menambahkan, “Kami memiliki beberapa masalah kecil dengan percepatan, walaupun saya memiliki perasaan yang bagus terhadap motor saya. Namun, dengan pilihan ban, saya tidak bisa mendapatkan pengereman. Itu titik terkuat saya. Jadi, saya memutuskan, mari kita selesaikan balapan ini, dan balapan di Argentina akan menjadi hal lain.”

ANTARA

#MotoGP
#MotoGP
#Qatar

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi