Suzuki Ignis Laris Manis di Yogyakarta
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Sabtu, 22 April 2017 14:50 WIB
Suzuki Ignis. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Yogyakarta - Pendatang baru di dunia otomotif yang disebut urban SUV (sport utility vehicle) Suzuki Ignis banyak diminati kaum muda dan mahmud, mama muda. Di Yogyakarta, baru dua hari dilepas di pasaran sudah ada inden sebanyak 70 mobil. Padahal, jatah dealer hanya 50 unit per bulan.

Ignis bersaing dengan kompetitor seperti Honda Brio, Toyota Etios Valco, Mitsubishi Mirage, Daihatsu Sirion dan Nissan March. Namun, banyak kelebihan yang ditawarkan produk andalan dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini.

"Air intake nya 700 milimeter, siap melibas banjir di jalanan," kata Hendra Kurniawan, Presiden Director Sumber Baru Mobil Yogyakarta, Jumat, 21 April 2017. Interior Suzuki Ignis. TEMPO/Wawan Priyanto

Di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan, Suzuki mulai memasarkan Ignis, 20 April 2017. Selain di dealer-dealer juga dipamerkan di beberapa pusat perbelanjaan seperti di Hartono Mall, Jogja City Mall, Ambarrukmo Plasa, Artos mall (Magelang) dan Rita supermall di Purwokerto. Harga on the road di daerah berbeda Rp 5 juta dibandingkan dengan harga di Jakarta. Harga mulai Rp 145,5 juta.

Baca:Suzuki Ignis Sudah Bisa Dibeli, Mulai Rp 139,5 JutaSuzuki Ignis Pakai Transmisi AGS, Ini Alasannya

Ignis mengusung mesin K12M berkapasitas 1.200 cc empat silinder segaris, DOHC, VVT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 83ps pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Untuk dimensi panjang, mobil mungil ini sepanjang 3.700 milimeter. Sebagai mobil SUV, Ignis dilengkapi ban dengan profil 175/65 R15, cukup besar untuk ukuran mobil SUV mungil. Ground clearence-nya cukup tinggi yaitu mencapai 170 milimeter.Odometer dengan tampilan sporty. TEMPO/Wawan Priyanto.

Klaim irit bahan bakar tidak hanya klaim semata, tetapi menurut Hendra, sudah diuji jalan oleh BT2MP-BPPT. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 23,64 kilometer per liter untuk transmisi manual dan 23,44 kilometer per liter untuk transmisi AGS (Auto Gear Shift/otomatis).

Simak:Fitur Ini Membuat Mazda CX-3 Tetap Stabil Saat Bermanuver TajamCari SDM Handal, Astra Perluas Jaringan Pendidikan Otomotif

Area Sales Manager PT SIS Hendro Tri Wibowo, mobil ini sangat disukai di Jepang. Apalagi di India sebagai negara yang ditempati untuk memproduksi mobil ini. Rata-rata per bulan Suzuki bisa menjual 100 ribu unit, 20 persennya adalah Ignis.

"Ignis mendapatkan predikat World Best Urban SUV 2017," kata dia. Tombol pengoperasian audio dan komuniasi di setir. TEMPO/Wawan Priyanto

Menurut Erwin Dirgantoro, Sales Manager Sumber Baru Mobil Yogyakarta, banyak bonus yang diberikan saat pembelian Ignis. Antara lain, cashback Rp 3 juta, hadiah-hadiah seperti undian sepeda motor, televisi dan lain-lain.

"Mobil ini keyless entry, tanpa kunci. Kalau remote control-nya dibawa berjarak lebih 80 centimeter, mesin akan mati sendiri," kata dia.

MUH SYAIFULLAH

#Otomotif
#Suzuki

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi