Bill Ford Sebut Alasan Pergantian Mark Fields
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Selasa, 23 Mei 2017 19:15 WIB
Ford Motor menunjuk Jim Hackett sebagai CEO yang baru menggantikan Mark Fields. Foto: BBC News

TEMPO.CO, Jakarta - Bill Ford, Ketua Eksekutif Ford Motor Company membantah memecat Mark Fields dari jabatannya sebagai Presiden dan CEO produsen otomotif asal Amerika Serikat itu.

Baca: Efisiensi, Ford Pangkas Karyawan "Saya tidak memecat Mark Fields. Dia memutuskan untuk pensiun. Itu adalah dua kalimat yang berbeda," ucap Bill Ford kepada BBC, Senin 22 Mei 2017.

Bill Ford menyebutkan bahwa setelah rapat dewan direksi pada Jumat 19 Mei, dia bertemu secara pribadi dengan Fields. "Saat itu Fields menyatakan ini saat yan tepat untuk mengumumkan pengunduran diri," ucap Bill Ford.

Bill Ford menyatakan keputusan Fields tidak diambil secara tergesa-gesa. "Dia (Fields) sudah beberapa kali mendiskusikannya."

Ford Motor sebelumnya secara resmi telah menunjuk Jim Hackett sebagai CEO yang baru menggantikan Mark Fields. Penunjukkan nakhoda baru tersebut merupakan bagian dari perombakan besar-besaran yang dilakukan pabrikan mobil terbesar di Amerika itu.

Langkah perubahan itu dilakukan Ford menyusul kinerja yang terus memburuk selama di bawah kepemimpinan Mark Fields. Penjualan yang terus menurun, keuntungan yang semakin tergerus serta anjloknya harga saham hingga mencapai 40 persen. Mark Fields (56 tahun) memimpin Ford selama tiga tahun setelah menggantikan Alan Mulally.

Bill Ford menyebut Jim Hackett (60 tahun) sebagai pemimpin transformasi bisnis. "Hackett adalah seorang visioner sejati dan orang yang tepat untuk menjadi pemimpin masa depan Ford," ucap Bill Ford yang merupakan cucu pendiri Ford Motor, Henry Ford.

"Hackett akan berfokus dalam melakukan transformasi bisnis perusahaan untuk menghadapi tantangan industri otomotif yang semakin berkembang pesat," ucap Bill lagi.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#Ford

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi