TVS Kargo Fire Engine, Motor Pemadam Kebakaran Beroda Tiga
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Jumat, 9 Juni 2017 16:07 WIB
Sepeda motor TVS Kargo Fire Engine dipamerkan di Jakarta Fair 2017, JIExpo, Jakarta, 8 Juni 2017. Motor pemadam kebakaran beroda tiga ini merupakan modifikasi dari motor TVS Kargo diklaim cocok untuk membantu memadamkan kebakaran di daerah dengan jalan sempit. Dok. TVS.

TEMPO.CO, Jakarta - Salah satu masalah ketika memadamkan kebakaran di daerah padat penduduk adalah sempitnya jalan. Mobil pemadam kebakaran yang umumnya berukuran besar sering kesulitan untuk menjangkau sumber api.

Atas dasar itulah PT TVS Motor Company Indonesia (PT TVSMCI), produsen motor TVS, menawarkan TVS Kargo Fire Engine. Motor ini dipamerkan di Jakarta Fair 2017 yang dilangsungkan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, 8 Juni hingga 16 Juli 2017.

PR Manager PT TVSMCI Rio Aditya mengatakan motor ini merupakan pengembangan dari TVS Kargo beroda tiga. Hanya saja, di bagian belakang dimodifikasi sedemikian rupa menjadi kendaraan pemadam kebakaran mini. Sebagai motor untuk pemadam kebakaran, TVS Kargo Fire Engine juga dilengkapi dengan tangki air dan pompa air yang dapat menyemburkan air dengan kuat. Tangki tersebut mampu menampung air sebanyak 300 liter.

Baca: TVS Luncurkan Motor Kargo Ini Keistimewaannya

"Kami telah melakukan pengujian secara internal dan kemungkinan akan melakukan kerja sama dengan dinas pemadam kebakaran untuk melakukan pengembangan produk," kata Rio kepada Tempo, Jumat, 9 Juni 2017.

Rio menambahkan, motor kargo yang difungsikan sebagai pemadam kebakaran mini ini dibuat untuk menyesuaikan kondisi lingkungan di Jakarta yang sebagian besar lingkungannya berada di perumahan padat. Akses jalan di lingkungan padat ini umumnya juga sempit sehingga menyulitkan mobil pemadam kebakaran yang umumnya berukuran besar untuk menjangkau ke sumber api.

Mengutip catatan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta tahun 2016, angka kebakaran di Jakarta masih cukup tinggi yakni 1.139 kejadian. “Hal ini memacu kami untuk memberikan solusi untuk pemerintah daerah setempat dengan memberikan kendaraan pemadam kebakaran yang dapat bereaksi cepat di kawasan pada penduduk dan mampu bermanuver dalam jalan yang sempit untuk mencapai titik kejadian lebih cepat sehingga kebakaran dapat di lokalisir dan diatasi lebih cepat,” kata Rio dalam siaran pers yang diterima Tempo, Jumat, 9 Juni 2017.

TVS Kargo merupakan produk teranyar dari TVS yang baru diluncurkan pada Februari 2017 lalu di Bandung. Pada Jakarta Fair 2017 ini TVS Kargo hadir dalam 4 varian berbeda yakni Open tray, Box with side door, Box with swing door dan TVS Kargo Fire Engine. Chassis dan kisaran harganya dimulai dari Rp. 37,5 juta (On The Road).

Varian Open tray memiliki daya angkut beban seberat 265 kilogram dengan dimensi sebesar 1,530 x 1,320 x 475 mm dan ground clearance setinggi 158 mm. produk ini menggunakan rangka Semi-monocoque dan dilengkapi dengan trailing arm dan shock absorber ganda di suspensi depan dan belakang yang membuat kendaraan ini lincah dan stabil.

Produk ini dilengkapi dengan mesin bensin teknologi Duralife sebesar 200cc yang terletak di belakang kendaraan dan tersambung langsung dengan ban belakang. Konfigurasi ini memproduksi kekuatan yang besar, menawarkan daya tahan mesin yang lebih baik dan bahan bakar yang efisien.

Simak: Incar Industri Kecil TVS Kargo Ikut Pameran di Bali

Produk ini memiliki kekuatan maksimal sebesar 6.4 kW di 5,250 rpm dan torsi puncak sebesar 14,95 Nm di 3250 rpm. Kekuatan ini ditransimisikan menggunakan transimisi kecepatan manual 5-speed (4 maju dan 1 mundur).

WAWAN PRIYANTO

#Pemadam Kebakaran

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi