Pengemudi Belanda dan Inggris Rame-rame Gugat VW
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Rabu, 14 Juni 2017 16:07 WIB
Seorang pekerja melakukan pengecekan akhir pada mobil listrik e-Golf yang merupakan produk terbaru Volkswagen di pabrik pembuatan mobil Volkswagen di Dresden, Jerman, 30 Maret 2017. REUTERS/Fabrizio Bensch

TEMPO.CO, London - Sekitar 220.000 pengemudi mobil di Belanda, Inggris dan Wales melakukan aksi bersama pada Selasa, 13 Juni 2017 untuk menyampaikan tuntutan pan Eropa terhadap produsen mobil Jerman Volkswagen yang kompensasi atas skandal emisi  Dieselgate.

Firma hukum Inggris Harcus Sinclair dan Dutch Foundation "Stichting Volkswagen Car Claim", sebuah class action gaya AS atas nama sekitar 180.000 pemilik mobil VW Belanda, telah bekerja sama dalam sebuah langkah yang dapat memicu gelombang proses pengadilan yang terkoordinasi di seluruh Eropa.

VW, produsen mobil terbesar di Eropa, telah mengatakan sekitar 11 juta mobil di seluruh dunia dilengkapi dengan perangkat lunak untuk menipu tes emisi diesel yang dirancang untuk membatasi asap mobil yang dipersalahkan untuk penyakit pernafasan dan polusi global.

BacaGugatan Pemodal VW asal AS Disetujui

Perusahaan tersebut telah sepakat untuk mengeluarkan dana hingga US$25 miliar di Amerika Serikat untuk menangani klaim dari pemilik, regulator lingkungan, negara bagian dan dealer dan telah menawarkan untuk membeli sekitar 500.000 kendaraan AS yang berpolusi.

Tapi itu belum mencapai kesepakatan serupa di Eropa dan menghadapi miliaran euro dalam klaim dari pelanggan dan investor.

Pembuat mobil telah menawarkan kepada driver Eropa sebuah update perangkat lunak untuk semua kendaraan yang terkena dampak, namun para pengacara mengatakan bahwa ini tidak menyelesaikan masalah dan mereka menuntut kompensasi yang memadai.

Yayasan Belanda, yang mengatakan telah berusaha mencapai "penyelesaian yang wajar" dengan VW sejak 2015, mengatakan bahwa pihaknya juga "bekerja sama" dengan para mitra yang mewakili para pembalap di Austria, Jerman, Swiss dan sedang dalam pembicaraan dengan pihak lain di Spanyol, Prancis, Italia, Polandia, Republik Cheska dan Skandinavia.

LihatVW Group Akan Rekrut Karl Thomas Neumann Jadi Bos Audi

"Kami senang bisa bekerja sama dengan Harcus Sinclair UK Limited, yang telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam membuka jalan bagi pemilik mobil untuk mendapatkan ganti rugi dari VW melalui pengadilan," kata Guido van Woerkom, direktur yayasan tersebut.

Gugatan yang meluas ini mencari kompensasi atas kerusakan yang diderita oleh pemilik mobil VW, Audi, SEAT, Skoda dan / atau Porsche, menuduh VW dan pemasok Bosch bertanggung jawab atas penjualan mobil yang melanggar peraturan emisi oksida nitrogen oksida.

"Sampai saat ini, pemilik 8,5 juta mobil Eropa yang terkena flu tetap berada dalam kondisi dingin," kata Harcus Sinclair, yang meluncurkan kasusnya pada Januari 2016 dan telah mendaftarkan sekitar 41.000 driver Inggris dan Welsh VW. Pengadilan London diperkirakan akan dimulai pada awal 2019.

VW mengatakan bahwa pihaknya sangat mempercayai pelanggannya, namun tidak melihat dasar hukum untuk tuntutan hukum konsumen, karena rencananya untuk memperbaiki mobil di Eropa telah dikoordinasikan dengan regulator dan fluktuasi harga untuk mobil diesel berada dalam "rentang normal".

"Semua kendaraan yang terkena dampak dan secara teknis aman dan layak jalan, bisa digerakkan di jalan tanpa ada batasan dan bisa dijual tanpa kehilangan nilai residu," katanya dalam sebuah pernyataan. "Bahkan jika kita mengadakan pembicaraan dengan firma hukum kita akan mempertahankan posisi ini."

BISNIS.COM

#Emisi Gas Buang
#VW | Volkswagen

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi