Ford Focus Terbaru Bakal Diproduksi di Cina pada 2019
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Rabu, 21 Juni 2017 10:57 WIB
Logo Ford Motor Company yang menarik 4.5 juta kendaraannya produksi 1995-2003.

TEMPO.CO, Jakarta - Ford Motor akan memindahkan produksi mobil Ford Focus terbaru ke Cina pada 2019 mendatang meskipun mendapat tekanan dari pemerintah Amerika Serikat untuk tetap memproduksi di dalam negeri.

Baca: Transmisi Bermasalah, 7000 Konsumen Fiesta Tuntut Ford Ford menjamin relokasi tersebut tidak sampai menimbulkan pemutusan hubungan kerja karyawan.

Selama ini, Ford Focus diproduksi di tiga negara, yakni di pasar lokal Michigan, Jerman, dan Cina. Namun penjualan di pasar Amerika terus melemah, sementara peminat Ford Focus di luar negeri masih tinggi. Karena itu, kemudian perusahaan memutuskan memindahkan produksi Focus ke pabrik baru di dekat San Luis Potisi, Meksiko.

Ford akhirnya membatalkan rencana memindahkan produksi Focus ke pabrik baru di Meksiko dengan nilai investasi US$ 1,6 miliar setelah mendapat kritikan dari Presiden Donald Trump. Pada Januari lalu, Trump mengancam akan memberlakukan pajak perbatasan yang besar bagi Ford dan General Motors bila tetap ingin membangun pabrik di luar Amerika.

Seperti dilansir dari BBC News, Rabu, 21 Juni 2017, setelah memutuskan untuk tak jadi memproduksi Focus di Meksiko, anggaran tersebut akan dialihkan untuk tambahan investasi di pabrik Michigan yang tengah mengembangkan mobil listrik. Namun pada pengumuman Selasa, 20 Juni lalu, Ford memutuskan produksi Focus terbaru akan dilakukan di Cina dengan nilai investasi diperkirakan mencapai US$ 500 juta.

Kelli Felker, juru bicara Ford Motor, mengatakan relokasi produksi Focus terbaru tidak akan mempengaruhi pekerja di pabrik Hermosillo, Meksiko, karena memproduksi model lain. "Juga tidak mempengaruhi rencana investasi tambahan di pabrik Michigan," ucapnya.

Baca: Ford Batalkan Pembangunan Pabrik di Meksiko karena Trump

Pabrik Michigan, yang selama ini memproduksi Ford Focus, mulai tahun depan akan membuat model truk dengan jumlah pekerja dan jam kerja yang sama. Ford juga akan berinvestasi US$ 900 juta untuk pabrik produksi sport utility vehicle di Kentucky.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#Ford

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi