Cara Kreatif Honda Juarai Kelas Mobil Hatcback
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Senin, 31 Juli 2017 12:53 WIB
New Honda Jazz 2017 (Foto: Honda Prospect Motor)

TEMPO.CO, Jakarta - PT Honda Prospect Motor meluncurkan New Honda Jazz 2017 di SCBD Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu pekan lalu. Mobil ini adalah model baru Honda Jazz generasi ketiga, yang dipasarkan di Indonesia sejak Juni 2014.

Selama tiga tahun, baru kali ini ada pembaruan untuk model hatchback terlaris di Indonesia ini, meski sifatnya hanya minoralias make-up tipis.

Menurut Presiden Direktur Honda Prospect Motor Takehiro Watanabe, ada beberapa ubahan pada New Honda Jazz 2017. "Jazz kini semakin sporty dengan fitur yang lebih menyenangkan," kata dia, kutip dari Koran Tempo edisi Senin 31 Juli 2017.

Simak: 2025, Honda Akan Luncurkan Mobil Swakemudi

Dibutuhkan upaya keras untuk mempertahankan posisi juara di tengah ketatnya persaingan ketat industri otomotif nasional. Bagi produsen kendaraan, upaya mempertahankan pangsa pasar adalah inovasi. Namun, jika model baru belum siap, ubahan tipis pun tak jadi soal. Peluncuran New Honda Jazz 2017 adalah cara Honda agar tetap menguasai pasar. ,

Watanabe menunjuk bagian wajah Jazz terbaru, yang memiliki grille lebih tebal dan mewah. Lampu utama LED dengan daytime running light disematkan untuk mempercantik varian RS atau model termahal. Ubahan kedua ada di bumper model baru plus diffuser ala mobil balap.

Di bagian roda, tampak pelek aluminium 16 inci dengan ukiran baru untuk varian RS. Adapun interiornya kini berwarna dominan gelap. Warna lain yang tampak cuma jahitan jingga di bagian jok. Sama seperti model sebelumnya, interior didominasi peranti berbahan plastik tanpa variasi kulit. Jok di varian termahal pun masih memakai bahan katun.

Namun untuk bagian head unit ada pembaruan, yakni ukurannya lebih besar (8 inci) dengan fitur telepon, Bluetooth, dan audio mirroring. Dengan fitur ini, semua perangkat dalam telepon seluler Anda (terutama yang berbasis Android) bisa dialihkan ke head unit. Desain dashboard juga sedikit diperbarui. Demikian pula smart touch auto AC dengan panel digitalnya.

Dari sisi pasar, harus diakui bahwa Jazz memang hanya punya satu rival kuat, yakni Toyota Yaris. Pada semester pertama tahun ini, penjualan dua merek ini terpaut 914 unit. Volume penjualannya jauh di atas merek lain seperti Mazda2, Kia Rio, dan Suzuki Swift, yang di bawah 1.000 unit. Pada paruh pertama tahun ini pun belum ada model hatchback baru. Setelah meluncurkan Yaris Heykers pada November 2016, PT Toyota Astra Motor belum kembali meluncurkan ubahan signifikan pada Yaris, sehingga optimisme Jonfis masih bisa diterima.

Simak: Aki Bermasalah, Honda Tarik 2,1 Juta Unit Kendaraan

Namun, kata Jonfis, Honda masih mewaspadai rencana peluncuran model baru pada semester kedua. Meski pasar hatchback diperkirakan melemah dengan turunnya penjualan dari 38 ribu menjadi 33 ribu unit tahun ini, ada rival yang akan meluncur seperti Suzuki Baleno Hatchback dan Daihatsu Sirion edisi terbatas di Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2017, bulan depan.

Faktor lain yang harus diwaspadai Honda adalah persaingan harga. New Honda Jazz, yang dihargai Rp 232,5–272,5 juta, bakal bertarung dengan Baleno Hatchback (diperkirakan Rp 195–210 juta), Toyota Yaris (Rp 231,9–273,9 juta), Kia Rio (Rp 250–265 juta), atau Mazda2 yang agak lebih mahal (Rp 234,6–294,3 juta) tapi punya fitur lebih canggih.

FERY FIRMANSYAH

#Mobil
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi