Incar Bisnis Logistik, UD Truck Quester 8x2 Diluncurkan di GIIAS
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Selasa, 15 Agustus 2017 23:01 WIB
UD Trucks Indonesia meluncurkan Quester 8x2, di ajangGaikindo Indonesia International Auto Show, di ICE BSD, Tangerang,Selasa 15 Agustus 2017. TEMPO/GRANDY AJI

TEMPO.CO, Tangerang - UD Trucks Indonesia meluncurkan heavy duty truck (HDT) 8x2 rigid truck pertama di Indonesia. Perusahaan memanfaatkan ajang pameran otomotif GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 untuk menyerahkan pembelian pertama kepada PT Alamui Logistics.

“Ini [Quester 8x2] adalah upaya untuk menjangkau para pengguna bisnis yang cukup besar,” kata Valery Muyard President Director UD Trucks Indonesia, di Gaikindo Indonesia International Auto Show, di ICE BSD, Tangerang, Senin 14 Agustus 2017.

Baca: UD Trucks Resmi Rakit Truk Quester di Indonesia

Muyard menjelaskan bahwa PT Alamui Logistics sejak 2011 sudah menjadi konsumen melalui pembelian Nissan Diesel BTX sebanyak 50 unit. UD Trucks Quester pun menjadi jawaban bagai Alamui untuk tumbuh dan berkembang sebagai perusahaan logistik.

Quester menjadi pilihan dalam segmen usaha yang didorong untuk pengembangan bisnis freight forwarding dan land transportation.

Sementara itu, Winarto Martono, PT Astra International Tbk UD Trucks Sales Operation Head Office, mengatakan tahun ini perusahaan membawa 100 unit Quester 8x2 dari Thailand. Sebanyak 50 unit di antaranya sudah dipesan oleh Alamui, perusahaan logistik yang melayani distribusi Coca Cola. “Sebanyak 50 unit ini untuk Jabodetabek saja,” katanya.

Baca: Ini Prospek Pasar Kendaraan Niaga pada 2017

Dia menjelaskan Quester 8x2 memungkinkan penggunanya menambah beban secara legal, karena tidak akan merusak jalan. Hal ini berkat penambahan poros penggerak roda yang mendistribusikan beban secara merata. Saat ini belum ada pemain lain yang menggunakan teknologi serupa.

UD Trucks mengklaim varian terbaru Quester ini memiliki kabin dan area pengemudi yang modern. Selain itu juga memilki performa driveline yang akan memberikan efisiensi penggunaan bahan bakar. Truk ini secara spesifik dirakit untuk perjalanan kargo dan logistik dengan jarak tempuh yang lebih dekat antara beberapa kota di Indonesia.

Rencananya tahun depan Quester 8x2 akan diproduksi di dalam negeri. Melokalkan truk ini diyakini akan menambah kekuatan UD Trucks di segmen HDT.

Selain Quester 8x2, produsen kendaraan niaga dan mesin diesel asal Jepang ini juga mengumumkan world premiere Kuzer. Model ini adalah varian pertama UD Trucks untuk melakukan penetrasi ke pasar light duty truck (LDT) di Indonesia.

Mulai pulihnya kondisi perekonomian Indonesia membuat kebutuhan truk di segmen LDT naik. UD Trucks optimistis penambahan varian ini akan meningkatkan volume penjualan di paruh kedua tahun ini.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), volume penjualan pabrik ke diler (wholesales) UD Trucks pada semester I/2017 naik 62,58 persen, atau dari 791 unit menjadi 1.286 unit.

GRANDY AJI

#GIIAS
#Gaikindo

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi