Michelin Siapkan Alternatif Ban Medium untuk Balap MotoGP Misano
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 6 September 2017 21:30 WIB
MICHELIN

TEMPO.CO, Jakarta - Michelin, suplayer ban MotoGP, akan membawa ban khusus saat balap di Sirkuit Misano, San Marino, akhir pekan ini. Ban tersebut adalah alternatif ban depan tipe medium yang didesain khusus untuk mengatasi temperatur yang tinggi, permukaan abrasif dan naiknya tekanan khas Misano.

Kondisi cuaca yang ektrim tersebut menyebabkan Michelin tak akan menyiapkan ban tipe kompon lembut. Sebagai gantinya, Michelin telah merancang bagian depan dan belakang dengan dua kompon medium (plus satu keras). Ban depan dengan kompon keras sudah diperkenalkan pada balapan di Mugello.

Baca: Rossi Absen karena Cedera, MotoGP Dinilai Rugi Besar

Alternatif ban yang disiapkan Michelin untuk memberikan kenyamanan pada pembalap agar mereka lebih stabil saat pengereman dan menikung di trek yang tidak biasa. Keputusan ini diambil setelah menjalani sejumlah pengujian.

Ketiga ban depan tersebut akan menganut desain simetris. Sedangkan ban slicks belakang akan menjadi desain asimetris, dengan bahu kanan yang lebih keras. Michelin juga menyiapkan ban hujan dalam kompon lembut dan sedang, depan dan belakang, dengan desain belakang yang asimetris.

Baca: Rossi Tak Membalap di MotoGP Misano, Zarco Jadi Andalan Yamaha

"Misano adalah sirkuit yang cukup sulit dan rumit karena bisa menghasilkan suhu ban yang tinggi terlebih motor menghabiskan banyak waktu pada bagian sudut," jelas Manajer Michelin Piero Taramasso.

Sirkuit MotoGP Misano memiliki 10 belokan kanan, sementara jumlah belokan ke kiri ada 6. Sehingga untuk Sirkuit Misano, ban belakang bagian kanan memiliki kompon yang lebih keras. 

CRASH | EKO

#MotoGP
#MotoGP
#Italia

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi