Canggih, Range Rover Velar Pakai Pintu 'Hilang Timbul'  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Jumat, 8 September 2017 16:51 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Range Rover Velar, model keempat dari jajaran merek Sport Utility Vehicle (SUV) Range Rover, resmi meluncur di Indonesia pada Jumat, 8 September 2017. Model ini dipasarkan oleh PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), Agen Pemegang Merek Jaguar Land Rover, paling murah Rp 2,05 miliar.

Bermain di kelas mid-size SUV, Range Rover Velar berada di posisi pertengahan, antara model Range Rover Sport dan Range Rover Evoque yang lebih dulu dipasarkan di Indonesia. Layaknya SUV besutan Land Rover, Velar yang berpenampilan premium mampu melibas medan off-road karena memiliki sistem penggerak empat roda atau 4x4.

Berbeda dengan SUV biasa, sistem gardan 4x4 Range Rover Velar dilengkapi Intelligent Driveline Dynamics dan teknologi Terrain Response, untuk menyesuaikan traksi roda dan torsi mesin dengan medan yang dilalui.

Baca: Baru Meluncur, Range Rover Velar Langsung Ludes.

Yang tak kalah unik adalah fitur gagang atau handel pintu dengan sistem flush deployable alias bisa hilang dan timbul secara otomatis. Dengan sistem ini, gagang pintu mobil akan keluar jika kunci kendaraan diaktifkan. Setelah pengguna masuk dan menyalakan mesin, gagang pintu itu akan masuk kembali ke dalam frame-nya, hingga akhirnya panel bodi terlihat rata.

Land Rover mengklaim fitur ini memberikan kontribusi terhadap nilai aeodinamika mobil, karena koefisien hambatan angin ditekan hingga 0,32 coefficient of drag (cd). "Fitur ini membuat Range Rover Velar menjadi mobil paling aerodinamis-efisien yang pernah diproduksi oleh Land Rover," kata Chief Operating Officer WAE, Roland Staehler.

Baca: Range Rover Velar SUV Diluncurkan di Jakarta, Ini Harganya.

Di Indonesia, Range Rover Velar hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin 4-silinder 2,0 liter serta mesin V6 3,0 liter yang sama-sama berbahan bakar bensin. Mesin Ingenium 2,0 liter memiliki tenaga puncak 250 daya kuda dan torsi 365 Newton meter, dengan kemampuan akselerasi 0 – 100 kilometer per jam dalam 6,7 detik.

Sedangkan mesin V6 3,0 liter plus supercharger mampu menghasilkan tenaga puncak 380 daya kuda dan torsi maksimal 450 Newton meter. Dengan transmisi otomatis 8-speed, Velar V6 3.0 liter ini mampu melesat 0 – 100 kilometer per jam dalam 5,9 detik.

FERY F

Berita LainSeperti Ini Mobil Off-Road Pengganti Land Rover DefenderBegini Rasanya Menjajal Suzuki Jimny TerbaruWajah Terbaru dari New Porsche Cayenne

 


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi