MotoGP: Helm Mekanik Aprilia Bisa Memantau Telemetri Motor  
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 9 September 2017 19:59 WIB
DAQRI Smart Helmet. Sumber: motorcycle.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan MotoGP Aprilia memperkenalkan DAQRI Smart Helmet di MotoGP Misano, San Marino. Helm tersebut mampu memantau kondisi motor mulai dari data telemetri, kondisi part yang menempel di kendaraan secara real time. Teknologi ini akan diterapkan selama balapan di Misano Jumat 8-10 September 2017.

Baca: MotoGP: Soal Pengganti Rossi di Aragon, Ini Kata Bos Yamaha

Teknologi tersebut merupakan kerjasama antara Aprilia Racing dan Realmore salah satu perusahaan teknologi di Italia yang membantu mengembangkan start-up. Mekanik dengan helm dapat mevisualisasikan kondisi motor. Tak hanya itu, mekanik dengan mudah menandai perkabelan dan konektor sehingga memperkecil resiko kesalahan. "Bisa mempercepat kinerja mekanik," dalam pernyataan resmi Aprilia Racing.

                                            tampilan layar di helm

Menggunakan hologram 3D, mekanik dalam memindai data secara real time soal telemetri, suhu air radiator, pelumas, dan ban. Sistem ini juga akan memberi tahu kapan saatnya part tersebut diganti. Helm tersebut juga bisa memastikan isian bahan bakar dan berapa banyak putaran motor.

Baca: Resep Vinales Bisa Bersaing dengan Ducati dan Marquez di Misano

Realmore dan Aprilia Racing MotoGP telah membuat inovasi dan pengembangan teknologi terbaru lewat DAQRI Smart Helmet. Namun, aplikasi maupun perangkat keras dalam helm tersebut terus dikembangkan agar lebih sempurna.

MOTORCYCLE | EKO ARI

#MotoGP
#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi