Jadwal MotoGP 2018 Ada 19 Seri, Ini Perubahannya
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 14 September 2017 20:31 WIB
Sejumlah pembalap MotoGP memulai perlombaan saat ikut berlaga di ajang Grand Prix MotoGP Argentina di sirkuit Termas De Rio Hondo di Rio Hondo, Argentina, 3 April 2016. (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

TEMPO.CO, Jakarta - Kalender sementara untuk musim MotoGP 2018 telah dirilis. Jadwal balapan MotoGP 2018 akan diperpanjang menjadi 19 seri setelah masuknya Chang International Circuit di Thailand, yang telah meneken kontrak hingga 2020. Dibandingkan musim tahun ini ada penambahan satu seri.

Pada seri pembukaan MotoGP di Sirkuit Qatar akan mengalami perubahan jadwal. Balapan akan digelar pada pukul 19.00 waktu setempat. Hal ini untuk menghindari embun malam yang bisa membuat lintasan berbahaya. Dua pekan setelah Qatar akan dilanjutkan ke Argentina. Kemudian disusul Austin, Jerez, Le Mans, Mugello, Barcelona, Assen, dan Sachsenring dengan jeda waktu dua pekan.

Baca: MotoGP: Inilah Hal Terbodoh yang Pernah Dilakukan Marc Marquez

Serentetan balapan yang berselang hanya sepekan seperti di 2017 dikurangi. Balapan setelah musim panas akan digelar di Brno pada pekan pertama di Agustus. Balapan di Austria akan menyusul sepekan kemudian yang disebut back to back.

Setelah Austria, MotoGP menuju Inggris. Namun sirkuit yang akan dipakai masih harus diputuskan, meski pilihannya antara Donington Park dan Silverstone.

Dorna tampaknya condong ke arah Donington, yang dianggap memiliki fasilitas sirkuit yang lebih baik setelah mengalami perbaikan. Keunggulan Donington atas Silverstone adalah F1 tidak membalap di sana, dan akibatnya, permukaan sirkuit jauh lebih tidak bergelombang dibanding Silverstone.

Baca: MotoGP: Begini Cara Dovizioso untuk Meladeni Marquez di Aragon

Misano dan Aragon akan mengikuti Silverstone. Disusul kemudian ke Thailand. Memang posisi Thailand ini kelihatan meloncat karena masuknya seri ini sedikit menggangu perimbangan jadwal. Setelah itu, lanjut ke Motegi, lalu Phillip Island dan Sepang. Balapan MotoGP 2018 penutup adalah di Sirkuit Valencia

Kalender Kejuaraan MotoGP 2018 Sementara:18 Maret Qatar 08 April Argentina 22 April Amerika06 Mei Jerez, Spanyol20 Mei Le Mans, Perancis03 Juni Mugello, Italia  17 Juni Catalunya, Spanyol01 Juli Assen, Netherlands 15 Juli Sachsenring, Jerman05 Agustus Brno, Republik Cek12 Agustus Austria 26 Agustus Inggris 09 September San Marino 23 September Aragón, Spanyol07 Oktober Thailand 21 Oktober Motegi28 Oktober Phillip Island04 November Malaysia 18 November Valencia

ASPHALTANDRUBBER | EKO

#MotoGP
#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi