Penggemar Vespa dari Enam Negara Ramaikan HUT Yogyakarta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 15 September 2017 19:17 WIB
Sejumlah anggota komunitas Vespa saat konvoi melintasi kawasan Kuningan, ketika riding dalam acara Ride on United di Jakarta, 19 Desember 2105. Acara Ride on United diselengarakan sebagai acara amal yang dipersembahkan untuk mantan pembalap Indonesia Tjetjep Heriyana dan Tommy Manoch. TEMPO/Fajar Januarta
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Yogyakarta - Para pecinta dan pemilik Vespa dari enam negara akan meramaikan perhelatan akbar komunitas vespa dunia bertajuk Asia Vespa Days (AVD) 2017 yang digelar di Yogyakarta pada Jumat hingga Sabtu, 15-16 September 2017.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan yang diusung menjadi bagian Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke 261 itu akan dipusatkan di Balai Kota Yogyakarta dan kompleks Candi Prambanan. “Komunitas Vespa dari empat negara sudah memastikan hadir,” ujar Ketua panitia AVD 2017, Frananto Suryanto Kamis 14 september 2017.

Mereka berasal dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Tiongkok, Amerika Serikat, dan Indonesia. Frananto menuturkan dalam kegiatan ini akan melibatkan kurang lebih 3.000 scooterist, sebutan pecinta Vespa, yang sebelumnya telah meregistrasikan diri mereka untuk hadir dan berpartisipasi pada kegiatan pertama di Asia itu.

Baca: Vespa 946 Red Bakal Diluncurkan Triwulan III Ini

"Perwakilan dari Italia juga ada yang mau datang, namun perorangan, menggunakan Vespa miliknya berangkat sendiri dari Italia sejak bulan Juli 2017,” ujarnya.

Frananto sendiri belum mengetahui apakah pecinta vespa dari Italia itu bisa tiba di Yogya saat hari H. Pihaknya belum bisa mengkonfirmasi. Frananto sendiri merasa gembira Indonesia akhirnya bisa menggelar event internasional bagi pecinta Vespa ini.

Sebelumnya organisasi pecinta Vespa dunia, Vespa World Cup, telah melangsungkan di Amerika Latin dan Eropa. Mengusung tema Brotherhood, Culture, & Lifestyle, kegiatan Asian Vespa Day ini akan menjadi ajang silaturahmi komunitas Vespa sekaligus memperkenalkan cagar budaya Indonesia kepada dunia.

Simak: Piaggio Vespa Punya Diler Baru di Tangerang

Panitia AVD 2017 sendiri telah menyiapkan sejumlah agenda untuk memanjakan para scooterist mancanegara itu. Pada hari pertama, Jumat, 15 September 2017, di Candi Prambanan bakal ditampilkan pentas musik, kontes Vespa, jual-beli pernak-pernik Vespa, kampanye safety riding, hingga kampanye pelestarian lumba-lumba.

Lalu hari kedua, Sabtu, 16 September 2017, kegiatan dipusatkan di Balai Kota Yogya acara Parade Vespa sekaligus menyemarakkan HUT Kota Yogya ke-261. “Kami akan membentuk formasi angka 261 dan melakukan kirab Vespa keliling kota,” ujar Frananto.

Frananto berharap adanya kegiatan ini bisa menjadi momentum untuk menegaskan bahwa komunitas kendaraan tak selalu yang dipersepsikan masyarakat sebagai ajang hura-hura atau kebut-kebutan. “Soalnya Vespa kalau dibuat ngebut malah tidak enak,” ujarnya.

PRIBADI WICAKSONO

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi