Lupa Kata Sandi? Klik di Sini

atau Masuk melalui

Belum Memiliki Akun Daftar di Sini


atau Daftar melalui

Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini

Konfirmasi Email

Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.

Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo

Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang

Clinton Dukung IMF, Menekan Soeharto Untuk Tidak Mengubah Kebijakan Moneter

image-gnews
Iklan
TEMPO Interaktif, Jakarta:Pucuk pimpinan Dana Moneter Internasional mengancam akan membatalkan talangan bantuannya ke Indonesia karena silang pendapat dalam penanganan krisis ekonomi di Indonesia. Ancaman tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif IMF, Michael Camdessus, dalam surat pribadinya tertanggal 11 Pebruari, yang dikirimkannya kepada Presiden Soeharto.

Ancaman ini tampaknya perlu dipertimbangkan oleh pemerintah Indonesia. Presiden Bill Clinton menyatakan kepada Presiden Soeharto dalam teleponnya hari Jumat malam (Sabtu siang waktu Indonesia, 14/2), bahwa dia mendukung IMF dalam sengketa antara lembaga internasional tersebut dengan pemerintah Indonesia. Sikap kedua pejabat penting internasional itu menyebabkan meningkatnya keraguan prospek bantuan internasional dalam mengatasi krisis di Indonesia ini.

Konfrontasi antara Presiden Soeharto dengan pihak yang seharusnya akan menjadi dewa penyelamatnya itu terjadi ketika situasi krisis di Indonesia kian memuncak, baik dalam ekonomi maupun politik. Rupiah yang telah berhasil membaik nilainya, anjlok lagi hingga 24 persen terhadap dollar AS. Dan Indonesia juga kian menderita dan sengsara akibat kian menyebar luasnya kerusuhan di berbagai daerah. Ribuan perusuh di berbagai kota menjarahi dan membakar toko-toko. Kerusuhan itu merebak akibat melonjaknya harga-harga sembilan bahan pokok (sembako), terutama harga bahan pangan.

Surat dari Camdessus tersebut merupakan respon atas rencana Presiden Soeharto untuk mengubah sistem moneter Indonesia secara radikal, yaitu dengan mengadopsi Sistem Dewan Mata Uang (CBS) a la Hong Kong. Dengan sistem baru itu, nilai rupiah akan dipatok terhadap dollar AS, dan pemerintah Indonesia akan melepaskan kontrol atas suku bunga.

Staf IMF, yang didukung oleh para pejabat Departemen Perdagangan AS dan para pejabat ekonomi negara-negara besar lainnya, yakin bahwa Indonesia pada saat ini belum saatnya menerapkan sistem pematokan nilai tukar ini. Camdessus menuliskan dalam suratnya bahwa jika Jakarta mengimplementasikan tindakannya segera, dia akan mendesak badan yang beranggota 182 negara ini, menunda bantuannya sebesar 43 dollar AS.

Kebingungan atas isu mata uang yang tampak misterius itu mengancam akan menjatuhkan Indonesia, yang memungkinkan akan membawa dampak bagi para tetangga juga. Menurut para pengamat ekonomi, mereka akan bersama-sama kembali terjatuh dalam krisis finansial yang lebih dalam lagi. Bursa saham dan pasar mata uang Indonesia dan beberapa negara Asia yang terkena krisis lainnya, termasuk Korea Selatan, Thailand, Malaysia, sebenarnya telah pulih pada pekan-pekan terakhir ini. Gerak stabil itu meningkatkan harapan modal-modal finansial dan para pejabat bahwa problem finansial di kawasan Asia yang sangat buruk mungkin telah terlampaui, menyusul adanya komitmen lebih dari 100 milyar dollar AS dari IMF, Bank Dunia dan negara-negara kaya lainnya.

Tetapi harapan tinggal harapan. Indonesia, negara terpadat penduduknya keempat di dunia, kembali menjadi sorotan oleh para pengamat dan pejabat negara lain. Mereka menyatakan bahwa tampaknya negara ini akan kembali menjerembabkan lagi kawasan di sekelilingnya ke dalam krisis. Rupiah masih tetap anjlok, dan menyebabkan impor menjadi sangat mahal. Sehingga banyak perusahaan manufaktur yang tidak mampu mengimpor bahan-bahan material yang mereka butuhkan.

Di Indonesia, krisis terus meningkat dan kerusuhan terus merebak pada pekan-pekan terakhir ini. Ketakutan terus meningkat bahwa negara ini akan kian terjatuh dalam kerusuhan-kerusuhan sosial dan serangan kelompok Muslim terhadap minoritas etnik Cina. Gubernur Bank Indonesia, Soedradjat Djiawandono pun memperingatkan bahwa permasalahan Indonesia ini bisa segera meluas. Ia mengatakan pada Jumat lalu bahwa efek menular akan menyebar dengan sangat cepat, bahkan ke negara-negara yang konsisten mempertahankan kebijakan ekonominya. Rupiah terus melorot hingga 9.600 per dollar AS dari 7.300 pada hari Jumat. Keanjlokan nilai rupiah itu melejit dibandingkan dengan penurunan nilai mata uang negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Kejatuhan nilai rupiah dilaporkan terus terjadi setelah silang pendapat masalah CBS antara Soeharto dan IMF kian intensif. Akibat konfrontasi ini membuat banyak pihak khawatir bahwa Indonesia akan kehilangan dukungan internasional, yang sangat diperlukan untuk memulihkan kepercayaan investor. Soeharto tampak jelas memilih CBS yang dipresentasikan oleh seorang profesor dari Johns Hopkins University, Steve H. Hanke. Tampaknya, dia berketatapan untuk mempegging nilai tukar rupiah sekitar 5.000 per dollar AS.

Dengan sistem CBS, penguasa moneter suatu negara menjamin stabilitas nilai tukar di atas semua tujuan ekonomi lain, termasuk pertumbuhan ekonomi, kredit murah dan masalah angkatan kerja. Mereka menyimpan cadangan dollar yang besar, sehingga mampu untuk ditukarkan dengan mata uang lokal pada nilai tukar yang telah ditentukan. Mereka juga berjanji tidak akan mencetak uang lagi tanpa menambah cadangan dollar mereka.

Negara yang paling sukses menerapkan CBS adalah Argentina. Namun Argentina harus membayar mahal dengan melonjaknya inflasi setelah menerapkan CBS pada tahun 1991. Rejim Buenos Aires harus menderita dalam kurun waktu tertentu karena sangat tingginya suku bunga dan resesi, hanya untuk mempertahankan nilai tukar yang telah dipatok, satu peso per dollar.

Sementara itu di sisi lain, Hanke mengecam pemerintahan Clinton dan IMF karena mencoba men-torpedo idenya tentang CBS bagi Indonesia. Dia mencatat bahwa rupiah telah menguat pada awal pekan ini setelah ada berita kemungkinan diterapkannya CBS. "Kami benar-benar bingung mengapa pemerintahan Clinton dan IMF tampaknya sangat ingin mendestabilisasi mata uang dan negara ini," ujar Hanke. "Semua mata uang lainnya di kawasan ini terus naik turun, bersama dengan rupiah. Jadi, mereka (pemerintah AS dan IMF) merusak stabilisasi keseluruhan kawasan ini. Jika dewan mata uang ini tidak berjalan, kami akan benar-benar meleleh."

Tetapi di Washington, IMF mengeluarkan kritik paling tajamnya atas rencana diterapkannya CBS oleh Jakarta. Prabhakar Narvekar, utusan khusus IMF untuk Jakarta, bertemu dengan Soeharto, dalam rangka membujuknya untuk membatalkan penerapan CBS. Selain itu, dalam sebuah pidatonya, Camdessus mengatakan bahwa dia mempunyai pendapat yang kuat bahwa belum saatnya bagi Indonesia untuk melakukan pegging mata uangnya. Karena, menurutnya, sejumlah syarat yang harus dipenuhi belum bisa diatasi oleh Indonesia. Menurut Camdessus, Jakarta terlebih dahulu harus mendapatkan cadangan dollar dan memperkuat sistem perbankan yang ambruk. Jika Indonesia mematok nilai tukarnya tanpa mencadangkan dollar yang lebih, itu justru akan mengundang spekulan untuk menyerang rupiah. Dan bank-bank di Indonesia akan kolaps kalau penguasa menyerah dan memutuskan untuk mencetak uang.

Camdessus dan Deputi Menteri Perdagangan AS Lawrence H. Summers menolak untuk menjawab pertanyaan reporter tentang apakah IMF akan menghapus dana bantuannya ke Indonesia. Namun bagaimanapun juga, dalam suratnya kepada Presiden Soeharto Camdessus mengatakan, "Dalam keadaan seperti sekarang ini ....jika usulan dewan mata uang diambil, kami tidak akan mampu merekomendasikan kepada IMF untuk melanjutkan program-program yang sedang berjalan karena resiko terhadap ekonomi Indonesia. Ini hanya akan menjadi perkembangan yang sangat tidak menguntungkan, bahkan akan memperkecil basis cadangan untuk dewan mata uang dan lebih jauh akan menegaskan bahwa hal itu merupakan kesempatan yang sangat kecil harapan akan keberhasilannya."

Camdessus mengatakan bahwa IMF mungkin lebih suka penggunaan sistem dewan mata uang untuk Indonesia, jika kondisinya memang memungkinkan. Dan Hanke pun menjawab bahwa menurutnya, Indonesia telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk penerapan CBS. Dia juga mengatakan bahwa dia tidak yakin Soeharto akan menyerah atas tekanan IMF.

Iklan



Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

 

Video Pilihan


Top 60 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi SIR 2024

37 detik lalu

Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia 2022. (DOK. HUMAS UI)
Top 60 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi SIR 2024

Berikut daftar 60 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi SCImago Institutions Rankings (SIR) 2024.


5 Kesaksian Eks Ajudan Syahrul Yasin Limpo, Firli Bahuri Meminta Rp 50 Miliar dan Penyerahan Tas Berisi Dolar

1 menit lalu

Adc. Mentan, Panji Hartanto, memberikan keterangan dalam sidang lanjutan untuk tiga terdakwa mantan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Sekjen Kementan RI, Kasdi Subagyono dan mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan RI, Muhammad Hatta, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis, 17 April 2024. Sidang ini dengan agenda pemeriksaan keterangan saksi Adc. Mentan, Panji Hartanto, yang telah mendapat perlindungan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK untuk ketiga terdakwa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi terkait penyalahgunakan kekuasaan dengan memaksa memberikan sesuatu untuk proses lelang jabatan dalam pengadaan barang dan jasa serta penerimaan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian RI. TEMPO/Imam Sukamto
5 Kesaksian Eks Ajudan Syahrul Yasin Limpo, Firli Bahuri Meminta Rp 50 Miliar dan Penyerahan Tas Berisi Dolar

Eks ajudan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersaksi di Pengadilan Tipikor. Ungkap ada permintaan Rp 50 miliar dari Firli Bahuri.


5 Jenis Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan Tiap Hari

3 menit lalu

Ilustrasi push up. Freepik.com
5 Jenis Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan Tiap Hari

Olahraga atau aktivitas fisik secara teratur bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan mental


Konflik Israel-Iran, Pertamina Klaim Tidak Ada Gangguan Stok BBM

8 menit lalu

Aktivitas pengisian truk tangki untuk distribusi bahan bakar minyak (BBM) di Depo BBM Pertamina di Plumpang, Jakarta, Selasa 2 April 2024. Menjelang libur panjang Idul Fitri 1445 H, Pertamina telah menyiapkan sarana dan fasilitas tambahan yang meliputi 1.792 SPBU Siaga 24 Jam, 5.027 Agen LPG Siaga 24 Jam, 200 Mobil Tangki Stand By, 61 Kiosk Pertamina Siaga, 54 Motorist, dan 281 Pertamina Delivery Service. TEMPO/Tony Hartawan
Konflik Israel-Iran, Pertamina Klaim Tidak Ada Gangguan Stok BBM

PT Pertamina Patra Niaga memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) Indonesia tidak terganggu meski ada konflik di Israel dan Iran.


Temuan Fosil, Ular Raksasa Vasuki Indicus Saingi Ukuran Titanoboa

16 menit lalu

Ilustrasi ular dari keluarga MadtsoiidaeNewscientist.com/dimodifikasi dari nixillustration.com
Temuan Fosil, Ular Raksasa Vasuki Indicus Saingi Ukuran Titanoboa

Para penelitinya memperkirakan kalau ular tersebut dahulunya memiliki panjang hingga 15 meter.


Repnas Berharap Prabowo-Gibran Percepat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

21 menit lalu

Foto presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024 - 2029 di jual di lapak penjual bingkai foto di Pasar Baru, Jakarta, Selasa 23 April 2024. Pasangan Prabowo - Gibran resmi keluar sebagai pemenang Pilpres 2024 setalah dalam sidang putusan PHPU Pilpres 2024 Mahkamah Konstitusi menolak semua permohonan sengketa pemilu yang diajukan oleh pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD. TEMPO/Subekti
Repnas Berharap Prabowo-Gibran Percepat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) berharap Prabowo dan Gibran mempercepat pertumbuhan ekonomi usai dilantik sebagai presiden dan wakil presiden


Sampai di Sini Ganjar dan Mahfud Md, Lika-liku Keduanya dalam Kontestasi Pilpres 2024

28 menit lalu

Sampai di Sini Ganjar dan Mahfud Md, Lika-liku Keduanya dalam Kontestasi Pilpres 2024

Ganjar Pranowo menyebut perjalanannya bersama Mahfud MD di Pilpres 2024 telah berakhir usai putusan MK soal sengketa Pilpres 2024.


Dua Helikopter AL Malaysia Bertabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

29 menit lalu

Tim Sarang Aerobatic Angkatan Udara India tampil di helikopter HAL Dhruv mereka selama pertunjukan terbang udara menjelang Singapore Airshow di Changi Exhibition Centre di Singapura, 18 Februari 2024. REUTERS/Edgar Su
Dua Helikopter AL Malaysia Bertabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Dua helikopter Malaysia bertabrakan saat sedang latihan untuk perayaan Hari Angkatan Laut.


Cerita Korban Pinjol Pundi Kas: Transfer Dulu, Bayar Utang Kemudian

39 menit lalu

Ilustrasi: Rio Ari Seno
Cerita Korban Pinjol Pundi Kas: Transfer Dulu, Bayar Utang Kemudian

Penyedia pinjol belakangan punya banyak tipu muslihat. Platform Pundi Kas menjebak korban dengan cara mentransfer sejumlah uang tanpa persetujuan.


Menhub Budi Karya Sebut Bandara Panua Pohuwato akan Tingkatkan Perekonomian Gorontalo

41 menit lalu

Bandara Panua Pohuwato. Dok: Kemenhub
Menhub Budi Karya Sebut Bandara Panua Pohuwato akan Tingkatkan Perekonomian Gorontalo

Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara Panua Pohuwato menjadi pintu gerbang untuk mengembangkan perekonomian di Kabupaten Pohuwato dan Provinsi Gorontalo.