Suzuki Ertiga Buatan Cikarang Diekspor ke 25 Negara
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 19 Februari 2018 19:41 WIB

GOOTO.COM, Cikarang - PT Suzuki Indomobil Sales melaporkan bahwa sepanjang tahun 2017 telah mengekspor 12.196 unit New Suzuki Ertiga ke 25 negara di Asia, Oceania, Amerika Selatan, dan Karibia. Ekspor itu dalam bentuk Complitely Build Up. New Ertiga diproduksi di pabrik Suzuki di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

General Manager Strategic Planning Dept PT Suzuki Indomobil Motor Uchiki Ryohei mengatakan bahwa pabrik Suzuki di Cikarang memiliki teknologi yang lebih canggih dibanding pabrik Suzuki di negara lain. "Pabrik ini paling baru secara global. Dibangun pada 2015, dan teknologi yang digunakan serba terbaru," kata Uchiki di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Senin,19 Februari 2018.

Baca: Suzuki Ertiga Akan Diproduksi di Indonesia, Harga Turun?

Menurut Uchiki, Pabrik Cikarang memiliki investasi senilai US$ 1 miliar. Pabrik ini dilengkapi dengan mesin dan robot berteknologi modern. "Dukungan teknologi terkini menjadi keunggulan dari Pabrik Cikarang sehingga dapat melakukan proses kerja lebih presisi, efektif, dan efisien," ujarnya.

Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan perakitan mobil Suzuki Ertiga di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Senin 19 Februari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

Sebanyak total 217 robot diberdayakan pada proses pengelasan (welding). Robot-robot tersebut mampu menghasilkan produk berkualitas dengan akurasi tinggi. Keunggulan lainnya adalah pabrik ini juga memiliki fasilitas forging (gear) dan seat (jok mobil) yang dilakukan secara in house.

Selain memproduksi unit New Ertiga, Pabrik Cikarang juga memproduksi mesin dan transmisi untuk pasar domestik dan luar negeri. Jenis mesin Vang diproduksi ialah mesin K108 clan K148. Mesin tipe K148 diproduksi untuk unit New Suzuki Ertiga sedangkan mesin tipe K108 diproduksi untuk unit Karimun Wagon R.

Baca: Suzuki Ertiga 2018 Dikabarkan Siap Dipamerkan, Tambah Bongsor

Selain itu, untuk produksi transmisi juga diekspor ke negara Thailand, Pakistan, Malaysia dan India. Mesin keluarga K series ini terbuat dari aluminium yang ringan dan bekerja lebih efisien Mesin bertaraf global ini bertenaga dan responsif namun tetap hemat bahan bakar.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi