Pemerintah Terima Sumbangan 10 Mobil Listrik Mitsubishi
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 26 Februari 2018 14:28 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kiri) didampingi Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko (kanan) menjajal mobil Mitsubishi PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 26 Februari 2018. Mitsubishi Motors menyerahkan 10 unit mobil listrik kepada pemerintah Indonesia untuk penelitian dan pengembangan. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menyerahkan 10 unit mobil listrik kepada Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Senin, 26 Februari 2018.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penyerahan 10 unit mobil listrik ini menyusul kesepakatan MMC dengan pemerintah terkait pengembangan, penggunaan, dan ketersediaan kendaraan listrik di Indonesia pada 11 Desember 2017 di Jepang.

Ke-10 unit mobil listrik Mitsubishi itu terdiri dari 8 unit SUV Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dan 2 unit mobil listrik murni i-MiEV, serta 4 unit pengisian daya (charging units).

Baca:  Mitsubishi Motors Sumbang 10 Mobil Listrik untuk Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyambut baik kerja sama penelitian dan pengembangan mobil listrik dengan Mitsubishi. Ia berharap, kerja sama ini akan mempercepat pengembangan teknologi otomotif nasional, khususnya mobil yang ramah lingkungan. “Termasuk kemungkinan untuk memproduksinya di Indonesia,” kata Airlangga di sela-sela penyerahan mobil listrik.

Menurut Airlangga, mobil listrik itu nantinya akan digunakan untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia dan diujicoba oleh berbagai lembaga dan universitas di Tanah Air. Mitsubishi dan pemerintah Indonesia juga menggelar studi bersama guna menguji efisiensi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko mengatakan bahwa nota kesepahaman ini merupakan bentuk kepercayaan Pemerintah Indonesia kepada teknologi listrik Mitsubishi Motors.

Simak: Mitsubishi Akan Kembangkan Mobil Listrik di Vietnam

Masuko menjelaskan bahwa dalam kesepakatan ini langkah yang diambil Pemerintah Indonesia akan meliputi eksplorasi berbagai kebijakan baru dan program insentif untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik bagi pengemudi dan produsen. Pemerintah Indonesia dan Mitsubishi Motors Corporation juga akan melakukan studi bersama untuk menguji efisiensi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Pada 19 Oktober 2017, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sempat mencoba 4 mobil electric vehicle (mobil listrik) dan plug-in hybrid electric vehicle (EV/PHEV) produksi Mitsubishi Motors. Test drive tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan ke pabrik Mitsubishi Motors di Okazaki, Prefektur Aichi, Jepang.

Simak: 10 Daftar Mobil Listrik Terlaris 2017, Tesla Hanya Peringkat 2

Penyerahan mobil listrik ini dihadiri sejumlah menteri dan pejabat negara lainnya seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Siti Nurbaya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi