Pemerintah Berlakukan Euro4 Dimulai 2018, Oktan Pertalite Naik?
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 28 Februari 2018 19:01 WIB
Petugas pengisi bahan bakar melayani pembelian bahan bakar jenis baru Pertalite di SPBU Lempuyangan, Yogyakarta, 14 Agustus 2015. TEMPO/Pius Erlangga
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah berencana menerapkan kualitas BBM EURO4 akan dimulai pada September 2018. Kualitas BBM EURO4 itu dinilai setara dengan BBM Oktan 91 ke atas, dengan begitu bagaimana nasib Pertalite yang memiliki oktan 90?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini, Indonesia baru menerapkan standar BBM Euro 2 yang dimulai sejak 2003. Penerapan itu cenderung terlambat dari negara lain yang sudah menerapkan sejak 1997. Lalu, negara maju sudah mulai menerapkan standar Euro 4 sejak 2005, sedangkan Indonesia baru akan memulai standar itu mulai akhir tahun ini secara bertahap.

Baca: Ini Kelebihan Bahan Bakar Total Pesaing Pertalite

Sebelum masuk ke standar Euro 4, saat ini pun standar Euro 2 belum diterapkan seluruhnya. Masih ada konsumsi bahan bakar gasolin dengan kandungan oktan (research octane number/RON) 88, yaitu Premium.

Pada Maret 2017, KLHK menerbitkan regulasi soal baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru. Peraturan Menteri KLHK No. P.20/MENLHK/Setjen/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

Melalui beleid itu, penggunaan BBM tipe Euro 4 diterapkan mulai 2018 secara bertahap hingga 2021. PT Pertamina (Persero) mengaku siap untuk mendistribusikan BBM kualitas EURO 4 mulai akhir 2018.

Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar mengatakan, jumlah produksi Premium kemungkinan turun sesuai dengan roadmap kilang perseroan. Pada akhir tahun ini, proyek Cilacap Langit Biru diharapkan bisa rampung, dengan begitu produksi BBM Ron 88 yakni, Premium bisa mulai berkurang.

"Namun, tidak akan semua kluster langsung berkurang produksi BBM Ron 88. Ada beberapa kilang yang masih memproduksi Ron 88 seperti, Balikpapan, Dumai, dan Cilacap masih sebagian," ujarnya pada Selasa 27 Februari 2018 malam.

Baca: Kata Komunitas yang Memakai Pertalite di Motor Lawas

Adapun, syarat BBM berkualitas EURO4 adalah minimal oktan 91. Hal itu membuat nasib Pertalite bisa jadi diujung tanduk pada saat penerapan kualitas EURO4 nanti.

Iskandar pun menyebut saat ini Pertalite masih oktan 90. Nanti, bila penerapan EURO4, perseroan akan menaikkan oktan dari produk tersebut. "Kami naikkan 1 oktan saja kan sudah menjadi EURO IV," ujarnya.

Pertamina pun menargetkan seluruh kilang perseroan bisa memproduksi BBM berkualitas EURO4 sepenuhnya pada 2023.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi