Suzuki Bidik Pasar Fleet, Suzuki Carry Jadi Andalan
Reporter: Bisnis.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 5 Maret 2018 10:00 WIB
Komisaris PT Suzuki Indomobil International, Soebronto Laras (kedua dari kanan) bersama jajaran manajemen SIS, saat perkenalan Suzuki Mega Carry di ajang pameran kendaraan komersial pertama di Tanah Air, GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis 1 Maret 2018. Sumber: bisnis.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Suzuki Sales (SIS) mengincar kenaikan kontribusi penjualan konsumen fleet tahun ini. Pada tahun lalu segmen ini menyumbang 11 persen terhadap capaian perusahaan atau sekitar 13.000 unit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Head of Fleet & Goverment Sales SIS Sukma Dewi mengatakan tahun ini perusahaan menargetkan korporasi menyumbang 13 persen terhadap total volume penjualan. Satu strateginya adalah melakukan pendekatan kepada sejumlah perusahaan rental.

“Beberapa rental harus peremajaan kendaraan. Pemerintah juga melalui kerja sama LKPP [Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang],” katanya kepada Bisnis di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu, 4 Maret 2018.

Baca: Januari-November 2017: Penjualan Suzuki Carry Capai 28.899 Unit

Sukma menjelaskan bahwa komposisi penjualan fleet saat ini didominasi oleh sektor swasta sebanyak 50 persen. Sisanya terbagi dengan pemerintah dan juga perusahaan angkutan kota.

Satu hal yang tengah digadang-gadang oleh SIS adalah modifikasi pikap untuk berbagai keperluan. Berkerja sama dengan karoseri, grup Indomobil ini menyediakan rancang bangun untuk kebutuhan toko berjalan, perpustakaan keliling, dan lain-lain.

Pikap yang dimodifikasi sedemikian rupa itu saat ini kontribusinya terhadap total volume perusahaan masih kecil. Sepanjang tahun lalu model ini menyumbang 1 persen, atau sekitar 1.000 unit. “Kebanyakan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah,” katanya.

Simak: Rahasia Suzuki Carry Merajai Segmen Pikab Ringan

Akan tetapi dia melihat trennya terus naik. Usaha pemerintah untuk menggenjot sektor UMKM menjadi sumber potensi pasar. Selain itu perusahaan sudah mengantongi izin prinsipal untuk membawa pikap modifikasi ke pameran-pameran otomotif.

“Sebenarnya ini sudah sejak 2009, tapi kami belum dapat izin dari prinsipal untuk ikut pameran,” jelas Sukma.

Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) merupakan ajang otomotif pertama pikap modifikasi Suzuki tampil. Sukma mengklaim pengunjung terlihat antusias terhadap model tersebut.

Di gelaran GIICOMVEC itu, SIS juga memperkenalkan Suzuki Carry terbaru yang menjadi andalan di sektor fleet market.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi