Suzuki Siapkan 11 Motor Baru di 2018, Fokusnya Matik
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 8 Maret 2018 18:23 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Sales and Marketing 2Wheel Department Head PT PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya mengatakan Suzuki akan memperkenalkan 11 model sepeda motor baru pada 2018 untuk meningkatkan pangsa pasar. Tahun ini, Suzuki mematok target penjualan 2 persen dengan kenaikan dibanding pangsa pasar tahun lalu sekitar 1 persen.

"Karena pasar yang paling besar matik, ya, sebagian besar (produk baru) matik," ujar Yohan, Rabu, 7 Maret 2018. Ada kemungkinan Suzuki Burgman akan mengaspal dalam waktu dekat, Yohan berkelit, "Burgman kan 200cc." Dicecar soal Suzuki Burgman 150 sebagai pesaing Yamaha Nmax dan Honda PCX, ia menjawab, "Nanti sajalah."

Baca: Seri GSX Dongkrak Penjualan Motor Suzuki 2017

Suzuki Burgman belum lama ini telah dirilis di India. Menggunakan mesin 125cc berpendingin udara, sepeda motor ini diberi nama Burgman Street. Secara fisik, tampilannya gambot, tak kalah dari Yamaha Nmax dan Honda PCX.

Meski demikian, Yohan mengakui pasar skuter matik cukup menjanjikan. Namun Suzuki masih akan melihat perkembangan pasar terlebih dahulu. Saat ini, penjualan Yamaha Nmax di angka 20 ribuan per bulan. "Ya, bisa 150cc, bisa lebih," ujarnya.

Pada saat ini, Suzuki mengatakan market terbesar matik adalah di kapasitas 110-125cc. "Kami juga fokus di situ," kata Yohan.

Menurut dia, Suzuki akan berhati-hati melihat pasar. Semua segmen pasar yang digeluti kompetitor akan terus dipantau. Sepanjang 2017, yang membukukan pertumbuhan penjualan tertinggi sebesar 27 persen dari 56.284 unit pada 2016 menjadi 72.191 unit pada tahun lalu. Fokus utama masih di segmen matik dan motorsport. Model sport GSX-R150 menjadi tulang punggung penjualan mereka setelah terjual 28.982 unit pada tahun lalu.

"Banyak prestasi yang telah kami capai, seperti peluncuran sports bike GSX-R150 yang mampu menarik minta anak muda di perkotaan sehingga berkontribusi pada penjualan di wilayah Jabodetabek yang melompat dari 29,2 persen menjadi 36,6 persen," kata Yohan.

Baca: Spyshoot Suzuki Jimny 2018 Merebak, Tampilannya Lebih Mengkotak

Suzuki juga berencana memperkuat jaringan penjualan dan memperluas penetrasi pasar agar menjangkau lebih banyak konsumen, sekaligus menargetkan unit entry service sebesar 700 ribu unit sepeda motor dengan cara peningkatan kualitas layanan, menjaring kerja sama dengan bengkel mitra, dan peningkatan mutu mekanik.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi