Penjualan Wuling Meroket, Januari-Februari Nyaris 2.000 Unit
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 14 Maret 2018 14:59 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Pendatang baru dari Cina, Wuling Motors, mencatat penjualan menggembirakan di dua bulan pertama 2018.Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Wuling Cortez yang diperkenalkan pada 3 Desember 2017 mencatat penjualan sebanyak 444 unit pada Februari 2018.

Angka ini meningkat dibanding penjualan sebulan sebelumnya sebesar 372 unit. Wuling Cortez tipe tertinggi yakni 1.8L bertransmisi intelligent-Automated Mechanical Transmission menjadi kontributor penjualan dengan angka 276 unit.

Wuling Cortez melintas di jalur menanjak dan menurun di daerah kaki Gunung Merbabu. Kamis, 1 Maret 2018. Dok. Wuling

Kontribusi terbesar produk Wuling dihasilkan oleh Wuling Confero. Mobil yang mengisi segmen Low MPV ini terjual sebanyak 565 unit, meningkat dibanding penjualan pada Januari yang hanya 555 unit.

Baca: Kandungan Lokal Wuling Cortez Mencapai 50 Persen

Komposisi penjualan pada Februari didominasi oleh tipe Confero S 1.5 MT atau tipe termurah sebanyak 297 unit. Pada Januari, Confero S 1.5L (tipe tertinggi) menjadi kontributor terbanyak dengan penjualan sebanyak 220 unit. Total penjualan Wuling sepanjang Januari-Februari tercatat sebanyak 1,936 unit.

Marketing and Brand Director Wuling Motors Jason Ding di sela-sela Media Test Drive Wuling Cortez di Semarang beberapa waktu lalu mengatakan bahwa pengiriman unit Wuling Cortez ke pelanggan berjalan dengan lancar. "Kami berharap Wuling Cortez diterima dengan baik oleh masyarakat di Indonesia, sama seperti Confero yang terlebih dahulu dipasarkan," katanya.

Wuling menawarkan Cortez dalam 5 pilihan warna yaitu Burgundy Red, Starry Black, Dazzling Silver, Sand Brown dan Pristine White. Model ini dibanderol dengan harga mulai Rp 218 juta hingga Rp 264 juta (on the road DKI Jakarta). TEMPO/Wawan Priyanto

Kepala Cabang Wuling Motors Magelang Donni Hariwibowo mengatakan bahwa peminat Wuling Cortez di Magelang dan sekitarnya mulai tinggi. Per 2 Maret, kate Donni, Wuling Motors cabang Magelang sudah mengirimkan sebanyak 20 unit Wuling Cortez ke konsumen. "Masih ada beberapa unit lagi yang siap dikirim," ujarnya.

Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan bahwa saat ini Wuling Motors fokus untuk memperkenalkan dua produk yang telah dipasarkan ke masayarakat Indonesia.

Simak: Impresi Wuling Cortez Selama Perjalanan Semarang-Solo-Magelang

Menurut Dian, respons pasar Jawa Tengah terhadap Confero dan Cortez cukup tinggi. Khusus untuk Wuling Cortez, Jawa Tengah, termasuk Yogyakarta, menyumbang market 15 persen secara nasional. "Jadi hingga akhir tahun ini akan ada 16 dealer Wuling Motors di Jawa Tengah. Ada penambahan 10 dealer baru," kata Dian.

Transmisi i-AMT pada Wuling Cortez. TEMPO/Wawan Priyanto

Secara nasional, Dian melanjutkan, Wuling menargetkan memiliki 80 dealer tahun ini. Hingga saat ini, sudah ada 50 dealer yang beroperasi. Dealer itu berada di bawah tujuh grup main dealer. "Investasi setiap dealer angkanya berbeda-beda. Diserahkan ke dealer," ujarnya.

Baca: Agar Transmisi i-AMT Wuling Cortez Minim Hentakan

Wuling Cortez merupakan mobil keluarga berkapasitas 7 penumpang. Model ini mengisi segmen medium MPV, berkompetisi dengan Toyota Kijang Innova. Sedangkan Wuling Confero merupakan Low MPV 7 penumpang. Model ini berkompetisi dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Honda BR-V, dan Nissan Grand Livina.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi