Begini Gaya Presiden Jokowi Berkendara Motor Chopper
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 8 April 2018 15:21 WIB
Presiden Joko Widodo menaiki sebuah motor kastem jelang mengikuti sebuah turing bersama klub sepeda motor di Kantor Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, 8 April 2018. Dalam melakukan turing ke Pelabuhan Ratu sejauh 30 KM, Jokowi akan mampir ke 2 desa guna meninjau program padat karya. Tempo/Vindry Florentin
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Akun resmi Facebook milik Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunggah video orang nomor satu di Indonesia bersiap mengendarai motor chopper barunya yang dibeli beberapa waktu lalu seharga Rp 140 juta setara dengan mobil LCGC. Status tersebut diunggah pada Sabtu 7 April 2018. "Akhir pekan ini, saya mengendarai sepeda motor chopper di satu jalur tak jauh dari ibu kota. Coba tebak, di jalur mana?" tulisnya dalam status di Facebook.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam tanyangan video tersebut, Jokowi sempat membetulkan beberapa bagian seperti bawah tangki dan bagian senderan motor dengan menggunakan obeng dan kunci pas. Ia mengambil kunci dari sebuah koper tools berwarna hijau.

Setelah itu, Mantan Wali Kota Solo dua periode ini juga mejejakkan kaki dengan engkol untuk menghidupkan mesin motor chopper miliknya. Ia sempat mengeber-geber motor untuk memanaskan mesin.

Baca: Komentar Jokowi Usai Jajal Chopper Barunya

Gaya berpakaian Jokowi saat akan melakukan perjalanan dengan motor pun unik. Ia menggunakan kemeja warna putih, jaket model jins dengan gambar pulau Indonesia di bagian atasnya dengan setelan celana kain warna hitam. Jokowi tampak santai dalam mengendarai motornya. Demi keselamatan berkendara, Jokowi menggunakan sarung tangan kulit dan helm half face.

Motor Chopper Land milik Jokowi adalah garapan Elders Garage dan Kick Ass Chopper. Motor tersebut mengusung konsep motor harian dengan frame yang disesuaikan untuk ukuran postur tubuh orang Asia. Salah satu founder Elders Garage, Adrianka, menyebutkan ide awal motor tersebut bermula dari rekannya yang ingin membuat motor chopper dengan ukuran yang pas untuk orang Asia.

“Chopper kan konsepnya Amerika banget nih, ukurannya gede-gede, tapi liat ukuran postur orang Asia kan kecil-kecil. Jadi kita punya ide gimana kalau (ukuran motornya) disesuaikan postur orang Asia,” ujar Adrianka Jumat, 19 Januari 2018.

Baca: Jokowi Ajak Penggemar Chopper Touring ke Kalimantan

Kerangka asli motor ini adalah Royal Enfield Bullet 350 yang diproduksi pada 2016. Anka juga menyebutkan bahwa surat-surat chopper Jokowi lengkap. "Pajak masih sampai Februari," ujarnya.

Motor ini sudah mendapat sejumlah modifikasi di bagian frame, tangki, setang, sepatbor, dan knalpot. Frame merupakan produk hasil kolaborasi Elders Garage dan Kick Ass Chopper. Sedangkan untuk tangki, Anka mengaku memesan di salah satu bengkel di daerah Kota, Jakarta Pusat.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi