Motor Listrik yang Dinaiki Jokowi di Asmat Mirip Honda Air Blade
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 13 April 2018 19:15 WIB

GOOTO.COM, Jakarta -Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Kabupaten Asmat di Papua dengan mengendarai sepeda motor listrik. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Jokowi memboncengkan ibu negara, Iriana Widodo dengan motor listrik berwarna merah menuju Aula Wiyata Mandala, Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat yang berjarak 2,8 kilometer pada Kamis, 12 April 2018.

Di sepanjang jalan, banyak warga yang menyambut kehadiran orang nomor satu di Indonesia tersebut. Jokowi dan Iriana yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih dan celana panjang berwarna gelap serta menggunakan helm berwarna putih, sesekali melambaikan tangan membalas sapaan warga.

Baca: Begini Gaya Presiden Jokowi Berkendara Motor Chopper

Hingga saat ini, belum jelas merek dan tipe motor listrik yang dikendarai Jokowi. Namun desain motor listrik tersebut mirip dengan motor matik Honda Thailand, Air Blade 110. Model ini dijual di Thailand pada 2007 hingga 2010 dan kini sudah berganti dengan model baru. Masuk ke Indonesia, Air Blade dibawa oleh importir umum dan dijual dengan harga fantastis hampir Rp 30 juta. Padahal saat itu, Honda Vario hanya dijual Rp 14 jutaan.

Honda Airblade 2007. Sumber: youtube.com

Honda Air Blade menggunakan lampu dual keen atau dikenal lampu depan ganda yang terpisah. Sudut-sudut muka dan fairing lebih tajam dari Honda Vario yang juga memiliki lampu dual keen. Bodinya juga lebih panjang dengan tangki berada di tengah. Sedangkan di bawah jok digunakan sebagai bagasi.

Lampu belakang sudah menggunakan LED yang jelas terlihat dari jauh. Sebenarnya desain Honda Air Blade terinspirasi dari moge Honda CBR1000R Fireblade yang beberapa kali menorehkan prestasi dalam balap dunia.

Baca: Ini Jaket Jeans yang Dipakai Jokowi Saat Touring Motor

Motor ini menggunakan mesin satu silinder SOCHC 108cc 4-langkah dengan rasio kompresi 11: 1 dengan lubang 50mm dan 55mm stroke dan pengapian CDI. Honda Air Blade memiliki berat 103 kilogram hadir dalam dua versi, NC110AC dan NC110AS.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi