Impor Komponen Utama Wuling Tak Terpengaruh Naiknya Kurs Dolar AS
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 9 Mei 2018 17:20 WIB

GOOTO.COM, Cikarang - Wuling Indonesia mengaku naiknya kurs dolar Amerika Serikat lebih dari Rp 14 ribu belum berpengaruh ke harga jual mobil maupun peningkatan biaya operasional. Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani menuturkan bahwa saat ini tingkat kandungan dalam negeri Wuling Cortez dan Wuling Confero masing-masing mencapai 50 persen dan 56 persen.

Sebagian besar komponen utama seperti pelat baja, mesin, dan transmisi masih didatangkan dari Cina. "Kegiatan impor kami menggunakan mata uang Yuan (Renmimbi), rasanya tidak terpengaruh dengan kenaikan dolar Amerika," kata Dian di sela-sela kunjungan media ke pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi, Rabu, 9 Mei 2018.

Baca: April 2018 Penjualan Wuling Capai 1.720 Unit, Cortez Terlaris

Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia Arif Pramadana menjelaskan bahwa plat baja masih didatangkan dari Cina karena memerlukan spesifikasi khusus yang belum bisa diperoleh dari produk lokal. "Diimpor dalam bentuk gulungan, utuh. Lalu diolah potong di sini (supplier)," ujarnya.

Sementara itu, lanjut dia, mesin dan transmisi juga diimpor utuh dari Cina karena belum dapat diproduksi di Indonesia. "Untuk kandungan lokal, pasti akan terus ditingkatkan di masa mendatang," tuturnya.

Simak: Wuling Cortez Pakai Mesin 1.5L, Harga Lebih Kompetitif

Wuling Motors Indonesia berada di bawah naungan PT SGMW Motor Indonesia. Perusahaan ini merupakan join venture antara Shanghai Automotive Industry Corporation, perusahaan otomotif terbesar di Cina dengan 50,1 persen saham, General Motors Cina 44 persen saham, dan Guangxi Automobile Group sebesar 5,9 persen saham.

Di Indonesia, Wuling Motors memiliki pabrik seluas 60 hektare di Greenland International Industrial Center (GIIC), Blok BA No. 1 dan 2 Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik ini menelan total investasi US$700. Meski menggunakan teknologi robotik canggih, pabrik Wuling saat ini mempekerjakan 3.000 tenaga kerja.

Pabrik ini memproduksi tiga model mobil Wuling yakni Wuling Cortez 1.8L, Wuling Cortez 1.5L, dan Wuling Confero.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi